DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kemenhub Tanggung Perbaikan Kerusakan Jalan Akibat Proyek LRT Palembang

Ilham wibowo - 12 Februari 2018 10:45 wib
 Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Palembang: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bakal merevitalisasi ruas jalan di Kota Palembang, Sumatera Selatan yang rusak akibat proyek kereta ringan atau light rapid transit (LRT). Proyek senilai Rp10 triliun itu tak cuma membuat macet lalu lintas tapi juga menyebabkan sejumlah ruas jalan berlubang. 

"Semua ruas jalan di bawah proyek LRT akan kita perbaiki bilamana itu terdampak," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri di Palembang, Sumsel, Senin, 12 Februari 2018. 

Zulfikri memastikan ruas jalan yang akan diperbaiki yakni jalan sepanjang 23 KM yang dilalui proyek LRT. Perbaikan jalan untuk kendaraan umum maupun pribadi ini ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan event Asian Games Jakarta-Palembang 2018. 

"Jalan asli yang jadi rusak menjadi tanggung jawab proyek LRT, sekarang lagi perbaikan mulai dari bandara dan seterusnya hingga ke daerah melibatkan balai besar jalan," ungkap dia. 

Kemenhub juga bakal mendorong Waskita Karya selaku pelaksana proyek LRT agar tidak terlalu lama menunda pekerjaan. Target penyelesaian pun mesti sesuai dengan alokasi dana dan pekerja profesional yang telah dilibatkan. 

(Baca juga: Kehadiran LRT Palembang tak Sebatas Menyambut Asian Games)

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Palembang dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Suranto menuturkan, proyek mengalami diviasi sebesar 2,9 persen yang membuat keterlambatan target penyelesaian. Meski demikian,  kata dia, 20 persen dari total proyek yang perlu dikebut yakni hanya terjadi di sektor fasilitas stasiun. 

"Kita perlu push lagi progresnya kami juga khawatir. Kami akan cari di mana titik deviasi akhir Desember 2017 padahal bisa lebih cepat dari rencana," kata dia. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melakukan uji coba commisioning LRT Palembang mulai Maret hingga Mei 2018. Perkembangan pembangunan fisik saat ini sudah mencapai 86 persen. 

Diharapkan, pengoperasian akses penghubung Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring ini bakal rampung sepenuhnya untuk menunjang pergelaran Asian Games pada Agustus 2018. 






(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LRT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018