Ketua MPR: Harus Ada Sanksi Tegas buat RS Mitra Keluarga Kalideres

Husen Miftahudin - 12 September 2017 10:38 wib
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan - MTVN/Husen Miftahudin,
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan - MTVN/Husen Miftahudin,

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengecam keras tindakan RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat yang menelantarkan bayi Debora. Rumah sakit disebut jauh dari nilai-nilai luhur Pancasila. 

"Saya tersinggung dan marah betul ada rumah sakit tidak menerima pasien karena tidak bawa uang sampai (bayi) Debora itu meninggal. Harus ada sanksi yang keras dari otoritas yang memiliki, bila perlu tutup," tegas Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Dia menyebut RS Mitra Keluarga Kalideres layak ditutup lantaran tak punya nilai-nilai kemanusiaan. Ketua Umum PAN itu bilang, menelantarkan satu orang hingga hilangnya nyawa bayi Debora sama saja dengan membunuh rasa kemanusiaan.

(Baca juga: Pemprov DKI Bisa Cabut Izin RS Pelanggar Misi Kemanusiaan)

Meski, rumah sakit itu swasta, nilai-nilai kemanusian tetap harus dijunjung. Seseorang yang tengah dalam kondisi kritis harus diutamakan meski terkendala biaya.

"Rumah sakit itu tidak hanya mencari uang, kalau hanya mencari uang jangan jadi rumah sakit dong. Dokter kan ada sumpahnya," pungkas Zulkifli.

Nyawa bayi Debora melayang akibat persoalan administrasi. Selama 7,5 jam bayi Debora terkatung-katung sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhir pada pukul 10.00 WIB, Minggu 3 September 2017.

(Baca juga: Bukan Mitra BPJS, RS Tetap Bisa Mengajukan Klaim Biaya)




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG FASILITAS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017