Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Berjuang untuk Seni

Anindya Legia Putri - 10 Januari 2018 16:18 wib
Foto: Tari Betawi. MI/Bary Fathahillah
Foto: Tari Betawi. MI/Bary Fathahillah

Jakarta: Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan bahwa DNA Bangsa Indonesia adalah seni dan budaya. Seni dan budaya berperan penting sebagai sarana membangun karakter bangsa. Sehingga, selayaknya  masyarakat, terutama generasi muda, melestarikan dan menjaga ragam seni budaya.

Pasalnya, sudah banyak kekayaan budaya Indonesia diklaim negara lain. Mulai tarian, lagu, musik, kain, hingga kopi. Butuh berbagai cara untuk melestarikan dan menjadikan seni kebudayaan tetap eksis sekaligus bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu pihak yang terus memperjuangkan dan melestarikan seni budaya Tanah Air adalah Koalisi Seni Indonesia (KSI). Organisasi ini memiliki visi mewujudkan kehidupan kesenian yang berkualitas di Indonesia berlandaskan keragaman budaya.

Misinya adalah mengadvokasi kebijakan publik dalam bidang kesenian, mendorong secara aktif terwujudnya infrastruktur yang berkelanjutan, menggalang dan mengelola sumber daya dari berbagai pihak, serta membangun kesadaran dan dukungan publik atas kepentingan kesenian.

KSI menilai, saat ini para seniman kurang dihargai atas karya-karyanya. KSI hadir untuk membantu para seniman Indonesia dalam menjaga hukum karya-karya mereka, baik yang sudah go international maupun secara nasional.

Selain KSI, ada Komunitas Mari Berbagi Seni, perkumpulan yang melestarikan kebudayaan-kebudayaan di Indonesia melalui prakarya.

Beragam kegiatan dijalankan Komunitas Mari Berbagi Seni kepada ribuan anak Indonesia sebagai langkah melestarikan seni budaya melalui kegiatan menari bersama, membatik, belajar angklung, workshop, dan lain-lain.

Komunitas Mari Berbagi Seni meyakini workshop memberikan banyak manfaat. Seperti mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada generasi muda,  membangun karakter dengan bertemu dan berinteraksi dengan peserta lainnya. Hasilnya bisa menjadi modal atau bahkan bisa diperjual belikan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai perjuangan beragam komunitas melestarikan seni dan budaya? Saksikan selengkapnya dalam program IDEnesia episode Berjuang Untuk Seni di Metro TV, Kamis, 11 Januari 2018, pukul 21.05 WIB.


 


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GALERIINDONESIAKAYA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018