Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Mobil Dinas Berpelat Hitam Bebas dari Ganjil-Genap

Dhaifurrakhman Abas - 16 April 2018 11:45 wib
Kendaraan dinas berpelat hitam dihalau karena aturan ganjil genap. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.
Kendaraan dinas berpelat hitam dihalau karena aturan ganjil genap. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Mobil dinas berpelat hitam akan dibebaskan dari aturan ganjil genap di Gerbang Tol Cibubur II, Jakarta Timur. Ini buntut dari kendaraan pejabat yang sempat dihalau petugas pada uji coba perdana ganjil genap tadi pagi.

"Untuk semua kendaraan dinas pemerintahan meskipun berwarna hitam, boleh memasuki gerbang tol yang dikenakan aturan ganjil genap," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Gerbang Tol Cibubur II, Jakarta Timur, Senin, 16 April 2018.

Menurut dia, mulai besok, pihaknya memberikan akses bebas kepada pengemudi mobil dinas berpelat hitam memasuki gerbang tol yang menerapkan ganjil-genap. Dia mengakui kendala yang terjadi pagi tadi itu karena kurangnya koordinasi antara BPTJ dengan petugas di lapangan.

“Saya minta maaf. Tapi seharusnya petugas di lapangan sudah tahu ya, kalau (mobil berpelat) RF itu mobil dinas, maka seharusnya boleh saja langsung masuk melewati Gerbang Tol II Cibubur,” ujar dia.

Namun, Bambang menilai kendala semacam ini wajar terjadi saat uji coba tengah berlangsung. Momen ini akan digunakan untuk saling mengevaluasi dan berbenah.

“Ya ini namanya hari pertama, dan uji coba itu kan dua, kepada masyarakat dan kepada kita (pemerintah) begitu. Dan sudah disosialisasikan juga kepada mereka,” pungkas Bambang. 

Sebelumnya, beberapa pengemudi kendaraan dinas pemerintah berpelat hitam memprotes saat dicegat polisi di Gerbang Tol Cibubur II. Mereka diberhentikan lantaran nomor kendaraan para pengemudi itu tidak sesuai dengan aturan ganjil-genap di Gerbang Tol Cibubur II.

"Saya ini sedang bertugas. Artinya seharusnya ada konsekuensi untuk mengakses jalan, seperti halnya yang diterapkan aturan ganjil-genap di Jakarta," beber seorang pengemudi yang enggan disebut identitasnya.

Baca: Pengendara Protes Aturan Ganjil-Genap di GT Cibubur II

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin mengungkapkan pengemudi kendaraan dinas pemerintahan sebetulnya diberikan akses untuk melintas gerbang tol yang terdampak aturan ganjil-genap. Hanya, dengan satu syarat, mereka memasang pelat nomor polisi RF atau pelat kendaraan dinas pemerintahan yang berwarna merah.

"Kalau pakai pelat hitam, ya tetap kita arahkan ke jalur lainnya. Saya harap mereka ikut aturan karena aturannya seperti itu (ganjil genap)," ucap Benyamin.




(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SISTEM GANJIL GENAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-07-2018