Kemendagri Siapkan 6 Juta Blangko KTP-El Akhir 2017

M Sholahadhin Azhar - 14 November 2017 15:24 wib
Ilustrasi blangko KTP-el - ANT/Ardiansyah.
Ilustrasi blangko KTP-el - ANT/Ardiansyah.

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri bakal menyiapkan 6 juta blangko KTP-el. Kementerian menargetkan blangko itu tersedia di akhir 2017.

"Akhir tahun ini setidaknya kami akan mengadakan sekitar 6 juta blangko KTP-el dan mudah-mudahan tercapai," kata Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo di kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa, 14 November 2017.

Hadi menuturkan, blangko itu bakal disediakan oleh tiga perusahaan yang terpilih melalui e-Catalog. Yakni PT Pura Barutama, PT Trisakti Mustika Graphika, dan PT Jasuindo Tiga Perkasa.

Dia menambahkan, penyediaan blangko dalam rangka menyambut kebutuhan yang semakin banyak. Mengingat, ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengakomodir penghayat kepercayaan dicantumkan dalam KTP-El.

Saat ini, peredaran blangko di daerah sekitar 1,5 juta keping, sedangkan pada 2018 nanti ditargetkan penyediaan 16 juta blangko. "Awal 2018 rencananya sekitar 16 juta blangko," imbuh Hadi.

(Baca juga: Jaringan Offline, Disdukcapil tak Bisa Rekam KTP-el)

Pengadaan Blangko Melalui e-Catalog

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, pengadaan blangko sengaja dilakukan lewat e-Catalog. Dengan e-Catalog pembelian sangat fleksibel dan sesuai kebutuhan.

Misalnya, dalam satu bulan membutuhkan blangko dalam jumlah tertentu. Maka e-Catalog bisa langsung mengakomodir.

"Jadi misal 2018, Januari bisa beli sejuta, Februari sejuta, Maret sejuta. Kita butuh berapa beli, langsung kirim. Beli, kirim, beli, kirim. Kalau lelang umum kan langsung, 15 juta sekali. Ini kita lebih fleksible pengadaannya," beber Zudan.

Zudan menyebut, pada prinsipnya program nasional menyangkut data kependudukan tak akan pernah selesai. Sebab, tiap tahun selalu ada warga yang menginjak usia 17 tahun dan wajib mendapat KTP-el.

Sehingga, yang ingin dicapai adalah orang yang merekam secepat mungkin mendapat KTP-el. "Jadi kita prinsipnya adalah orang yang merekam segera selesai. Orang yang sudah KTP-nya selesai segera terdistribusi," tutur Zudan.


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PELAYANAN E-KTP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017