Cegah Peristiwa Brexit Terulang

Pengguna Jalan Diimbau Manfaatkan Jalur Alternatif

Anggi Tondi Martaon - 19 Juni 2017 16:16 wib
 Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena. Foto: Dok. DPR
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena. Foto: Dok. DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi V DPR RI meninjau infrastruktur jalan di Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk melihat kesiapan stakeholder menyambut arus mudik Lebaran tahun 2017. 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Michael Wattimena menyampaikan, pihaknya ingin memastikan agar seluruh persiapan sudah direncanakan dengan baik dan matang. Dia tak ingin peristiwa kemacetan panjang di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit), tahun lalu, terulang kembali.
 
"Kami berharap apa yang dialami pada tahun 2016 lalu tidak terulang kembali, apalagi sampai memakan korban jiwa," Michael dalam keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Seperti diketahui, pada tahun 2016 lalu kemacetan parah terjadi di pintu Tol Brebes Timur. Bahkan, kemacetan sepanjang 15 kilometer itu menelan korban jiwa.

Politikus Demokrat itu mengungkapkan, ada beberapa solusi agar kejadian serupa tidak terulang. Diantaranya memanfaatkan jalur alternatif. Menurutnya, jalur fungsional tersebut dapat memberikan solusi bagi para pemudik di tahun 2017.
 
"Sehingga masyarakat tidak akan menumpuk pada satu alternatif jalan saja, tetapi ada alternatif lainnya," ungkap dia.
 
Meski masih banyak kekurangan seperti masalah penerangan dan rambu-rambu jalan, dia menyebutkan pihak Kementerian Perhubungan beserta Korlantas akan membantu memberikan arahan kepada pengguna jalan. "Memang jalur ini belum permanen, sehingga daya tempuh kecepatan kilometernya pun masih 40 km per jam," kata dia.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 24-08-2017