Mengenang AM Fatwa

Nur Azizah - 13 Februari 2018 04:10 wib
Suasana rumah duka AM Fatwa - Medcom.id/Haifa Salsabila
Suasana rumah duka AM Fatwa - Medcom.id/Haifa Salsabila

Jakarta: Kepergian Anggota DPD Andi Mappetahang Fatwa meninggalkan bekas mendalam di hati keluarga dan kerabatnya. Untuk mengenang sosok AM Fatwa, Pemprov DKI Jakarta menggelar acara bertajuk Mengenang AM Fatwa dari Birokrasi DKI menuju Senayan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapat kesempatan untu memberi sambutan mengaku hampir saban hari menerima pesan singkat dari AM Fatwa. Menurut dia, isi pesan beragam, kadang kritik soal kebijakan dan beberapa kali berisi dukungan atau apresiasi.

"Kami di Pemprov DKI merasa kehilangan. Dia sangat memperhatikan Jakarta, seperti kasus dari Bukit Duri. Saat kami tidak jadi naik banding, beliau mengirim pesan dan mengucapkan terima kasih," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari 2018. 

Anies mengaku, banyak belajar dari AM Fatwa. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu dikenal memiliki sifat optimistis dan pemaaf.

"AM Fatwa dihitung cukup lama tapi dia beliau selalu optimis dan positif. Dia tidak pernah mengeluh," ujarnya.

Baca: Dalam Sakit AM Fatwa Masih Sempat Tulis Buku

Cerita yang sama juga disampaikan Wardiman Djojonegoro. Mantan birokrat DKI Jakarta ini merupakan teman baik Fatwa saat bekerja di Balai Kota.

"Sejak saya bertemu dengan dia hingga diakhir hayatnya, dia selalu memikirkan nasib warga Jakarta," ucap Mantan Menteri Pendidikan RI di era Soeharto ini. 

Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao turut berkisah tentang pertemuannya dengan Fatwa. Keduanya pertama kali dipertemukan saa berada di balik jeruji besi di Cipinang.

"Fatwa seseorang yang penuh kehangatan dan memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Saya tidak akan pernah melupakannya," kata Xanana dalam suratnya.

Dalam acara ini turut mengundang sejumlah pegawai negeri sipil di era Ali Sadikin, tokoh politik Indonesia hingga Kedubes Timor Leste. Mereka yang hadir dalam acara ini antara lain, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Dewan Pembina PAN Amin Rais, dan anggota DPR RI Fahira Idris.

AM Fatwa tutup usia di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC), Jakarta Selatan pada 14 Desember 2017. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Fatwa mengalami sakit komplikasi jantung dan paru-paru.


(JMS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AM FATWA MENINGGAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018