Nusantara Mengaji Sudah Mengkhatamkan Alquran 400 Ribu Kali

- 19 Mei 2017 22:42 wib
Salah satu inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa
Salah satu inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerakan Nusantara Mengaji mengklaim sudah mengkhatamkan Alquran hingga 400 ribu kali sejak gerakan ini dideklarasikan. Gerakan ini dilakukan sebagai upaya memperkenalkan Alquran di Indonesia.

“Nusantara mengaji bercita-cita agar masyarakat mencintai Alquran,” kata Ketua Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, dalam keterangan tertulis, Jumat 19 Mei 2017.

Gerakan Nusantara Mengaji dideklarasikan ulama dan kiai pada 10 April 2016. Gerakan ini digelorakan di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan, kegiatan khataman Alquran juga dilakukan di seluruh lembaga pemasyarakatan Indonesia.

"Jika dihitung, sejak awal pendeklarasian, Nusantara Mengaji sudah melakukan khataman Alquran sebanyak 400 ribu kali," katanya.

Inisiator Nusantara Mengaji, Muhaimin Iskandar, mengatakan kemajuan teknologi jangan lantas menjauhkan masyarakat dari Alquran. Cak Imin, sapaannya, menegaskan Nusantara Mengaji ingin mengajak masyarakat membaca Alquran dengan semangat menyatukan umat dari beragam elemen.

Dia berkisah, dulu almarhum Gus Miek mendirikan Jantiko Mantab yang sampai saat ini rutin menggelar khataman Alquran. "Itu contoh kecil membaca Alquran dapat mempersatukan Umat. Mana mungkin kita kumpul begini kalau satu sama lain bermusuhan,” kata dia usai menggelar khataman Alquran di Pendopo Serang.

Konsep Nusantara Mengaji, lanjut dia, adalah mengkhatamkan Alquran secara berjamaah agar yang memiliki kesibukan juga bisa bergabung. "Khataman Alquran ini adalah usaha batin untuk menutup dan mengurangi perselisihan serta menutupi lubang-lubang kelemahan kita," ujarnya.




(UWA)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MEMBACA ALQURAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 28-07-2017