Surat Pengunduran Diri Khofifah Sudah di Meja Jokowi

Achmad Zulfikar Fazli - 10 Januari 2018 06:17 wib
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

Jakarta: Surat pengunduran diri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sudah di meja Presiden Joko Widodo. Khofifah mundur dari Kabinet Kerja karena akan mengikuti Pilkada Jawa Timur 2018.

"Presiden di Kupang memberi penjelasan baru saja dia menerima laporan ada surat yang masuk ke meja dia dari Khofifah," kata juru bicara Kepresiden Johan Budi saat dihubungi, Selasa, 9 Januari 2018.

Namun, Jokowi hingga kini belum mengambil keputusan atas pengunduran diri Khofifah tersebut. 

Johan mengatakan, Presiden akan mengambil keputusan terkait posisi Khofifah di Kabinet dalam waktu dekat. 

"Nanti katanya kalau sudah di Jakarta atau Kantor akan membaca dan memberikan keputusan terkait Bu Khofifah," ujar Johan.

(Baca juga: Kalla: Khofifah Minta Mundur Setelah jadi Cagub)

Khofifah menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo, Selasa sore. Surat itu berisi permohonan izin mengikuti Pilkada Jawa Timur. Khofifah akan mendaftar ke KPU Jawa Timur, Rabu, 10 Januari 2018 pagi.

"Sekaligus jika sudah ditetapkan sah menjadi calon gubernur, kami (saya) mohon diizinkan untuk mengundurkan diri dari keanggotaan kabinet," kata Khofifah di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Saat ini, Khofifah yang berpasangan dengan Bupati Trenggalek Emil Dardak telah mengantongi dukungan dari Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Golkar, PPP, PKPI, dan Partai Hanura.

Pada Senin, 8 Januari 2018, Khofifah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Khofifah dikabarkan pamit kepada Kalla.

 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-04-2018