Wisata Religi Kota Khatulistiwa

Pelangi Karismakristi - 13 September 2017 13:58 wib
Program IDEnesia di Palu. Foto: dok IDEnesia
Program IDEnesia di Palu. Foto: dok IDEnesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kota Palu, Sulawesi Tengah, ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang patut dilirik dan tak kalah menarik dari daerah lain di Indonesia. Ada apa saja di sana?

Palu dikenal sebagai kota lembah yang secara geografis dan topografis mencakup tiga dimensi, yakni pesisir pantai, daratan, dan perbukitan. Ini lah salah satu daya pikat kota yang dijuluki The Paradise Under The Ecuator atau surga di bawah garis khatulistiwa.

Penduduk asli di Palu adalah Suku Kaili yang punya ciri khas sederhana, partisipatif, ramah, dan suka menolong. Mereka juga suka tinggal secara berkelompok dan mereka adalah orang yang sangat atraktif, hal tersebut terlihat dari pakaian tradisionalnya yang sangat bercorak.


Yovie Widianto dan Renitasari Adrian untuk program IDEnesia edisi wisata religi di Palu.

Menurut legenda, orang Kaili berasal dari bambu kuning yang berkaitan dengan sawerigading, savi yang bermakna lahir atau timbul dari bambu kuning. Mereka juga meyakini bahwa Sawerigading adalah nenek moyangnya, sehingga sampai kini Suku Kaili masih memegang teguh salah satu tradisinya yang disebut Balia.

Balia merupakan tradisi menyembuhkan orang sakit yang telah ada sejak zaman nenek moyang. Upacara adat ini hanya dilaksanakan ketika ada warga yang sakit, namun tak kunjung sembuh meskipun telah menjalani pengobatan dengan berbagai cara.

Selain balia, terdapat juga tradisi unik lainnya, yakni upacara adat Nakeso atau Novati. Ini adalah kebiasaan leluhur Kaili suku Da'a khususnya masyarakat Lekatu. Novati diperingati dengan doa bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa agar anak-anak di sana kelak senantiasa dalam lindungan Tuhan, murah rezeki, dan bahagia saat menjalani hidup berumah tangga.

Ingin tahu kekayaan budaya di Palu lainnya? Jangan lewatkan perjalanan Yovie Widianto dan Renitasari Adrian dalam program IDEnesia Metro TV, Kamis 14 September 2017, pukul 21.05 WIB.

Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan mem-follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GALERIINDONESIAKAYA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017