DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kemenpar Minta Promosi Pulau Togean Digencarkan

Renatha Swasty - 10 Agustus 2018 08:00 wib
Kepulauan Togean, salah satu pulau di Kabupaten Tujo Una-una, Sulawesi Tengah. Foto: Medcom.id/Renatha Swasty
Kepulauan Togean, salah satu pulau di Kabupaten Tujo Una-una, Sulawesi Tengah. Foto: Medcom.id/Renatha Swasty

Togean: Kepulauan Togean merupakan salah satu pulau di Kabupaten Tujo Una-una, Sulawesi Tengah. Keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik buat banyak wisatawan. 

Sayang, Togean tak begitu dikenal seperti Raja Ampat, Wakatobi, maupun Manado. Padahal, kepulauan dengan 517 pulau itu punya wisata menyelam berbasis terumbu karang yang tak kalah menarik.

"Yang saya lihat Togean sekeping surga yang jatuh ke bumi. Begitu banyak keindahan yang ada," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gede Pitana, di Pulau Malenge, Kamis, 9 Agustus 2018.

Dia mengakui, keindahan Togean belum banyak diketahui wisawatan. Promosi yang kurang gencar dibanding tempat wisata lain menjadi salah satu alasannya. 

Padahal, promosi adalah hal yang paling utama supaya sebuah tempat pariwisata dikenal oleh banyak orang. "Promosi adalah salah satu kunci pariwisata termasuk pariwisata kelautan atau bahari," imbuh dia.

Gede menyebut, promosi bisa dilakukan dengan sejumlah hal, salah satunya mengadakan festival. Acara ini sudah terbukti menggaet banyak wisatawan. 

Dia mencontohkan, Jember dan Banyuwangi tidak pernah masuk sebagai peta pariwisata. Tapi, lantaran pemerintah daerah setempat gencar mempromosikan wilayahnya dan kerap mengadakan festival sepeti Jember Fashion Carnaval, kini banyak yang mencari-cari festival itu tiap tahun.

Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk mempromosikan Togean lebih gencar. Pihaknya juga dengan senang hati menerima video footage berdurasi 30 detik tentang Kepulauan Togean. 

Nantinya, video itu bakal disebar di seluruh dunia melalui iklan-iklan yang dipasang di media internasional. 

Keinginan mempromosikan Togean juga datang dari artis pemenang Grammy Awards Chris Berry. Pria asal Amerika Serikat itu datang pertama kali ke Togean dalam acara Togean International Oceanic Festival 2018. 

Dia mengaku tak memiliki gambaran apa pun soal Togean ketika diundang hadir. Tapi, ketika datang dan melihat langsung dia yakin, semua orang harus melihat Togean, sebab pulau itu sangat indah.

Chris juga berjanji bakal mengajak penggemar maupun kerabatnya buat datang ke Togean. Tapi, dia meminta pemerintah tetap menjaga Togean tetap indah.

Dia khawatir kedatangan banyak wisatawan membikin Togean tidak bagus lagi. "Kalau Anda komitmen akan terus menjaga Togean, saya janji akan bawa banyak wisatawan," ucap dia. 

Sementara itu, Wakil Bupati Tojo Una-una Admin AS Lasimpala mengaku pihaknya terus melakukan segala upaya untuk mempromosikan Togean, salah satunya lewat festival. Pihaknya berharap festival yang berlangsung pada 7-11 Agustus itu bisa menarik lebih banyak wisatawan.


(DMR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARIWISATA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 16-12-2018