DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.144.868.902 (16 AGUSTUS 2018)

Rp14 Triliun Anggaran Riset Tak Hasilkan Output Maksimal

Husen Miftahudin - 10 Agustus 2018 15:30 wib
Menristekdikti, Mohamad Nasir di Hakteknas 2018, di Pekanbaru Riau, Medcom.id/Husen Miftahudin.
Menristekdikti, Mohamad Nasir di Hakteknas 2018, di Pekanbaru Riau, Medcom.id/Husen Miftahudin.

Pekanbaru: Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengakui pemanfaatan iptek dan inovasi belum berdampak besar bagi kemajuan bangsa. Padahal, pemerintah telah menggelontorkan anggaran sebanyak Rp24,9 triliun untuk pengembangan riset di Tanah Air.

"Lebih dari setengahnya yakni Rp14 triliun belum menghasilkan output riset yang maksimal," ujar Nasir dalam peringatan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Kompleks Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Sukajadi, Pekanbaru, Jumat, 10 Agustus 2018.

Sebanyak Rp24,9 triliun merupakan anggaran riset yang berasal dari seluruh kementerian/lembaga pada 2018. Ketika dianalisis, ternyata hanya Rp10,9 triliun yang menghasilkan riset dan pengembangan.

"Itulah sebabnya Bapak Presiden menekankan bahwa anggaran risetnya tidak boleh lagi diecer," tegasnya.

Baca: Habibie: Peneliti Sekarang Harusnya Lebih Hebat dari Saya

Alhasil, lanjutnya, pengembangan riset saat ini tak mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Maka itu, pemerintah terus mendorong sinergi antarinstitusi iptek dan pelaku industri sehingga iptek dan inovasi memberikan kontribusi maksimal.

"Yang juga harus dibenahi adalah meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai faktor kunci keberhasilan pendidikan, penelitian, dan pengembangan iptek dan inovasi," pungkasnya.


(CEU)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HILIRISASI RISET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 16-08-2018