Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.387.516.226 (18 JUNI 2018)

Atasi Masalah Ukuran Blok di Transaksi Bitcoin, SegWit2X Lahir Kembali

M Studio - 27 Desember 2017 12:01 wib
Segwit2X
Segwit2X

Jakarta: Setelah resmi suspend pada awal November, segregated witness SegWit2X diluncurkan kembali pada 28 Desember 2017. Ini merupakan hasil dari New York agreement yang didukung sejumlah nama besar dan entitas perusahaan.
 
Sebagai pembaruan pada sistem Bitcoin Core, SegWit2X bertujuan untuk mengatasi masalah pembatasan ukuran blok yang dianggap mengurangi kecepatan transaksi bitcoin. Meski, komunitas inti menganggap hal ini sebagai serangan terhadap rangkaian asli bitcoin dan sempat menimbulkan kontroversi, CEO Bitgo Mike Belshe dalam pernyataan pembatalan hard fork  menegaskan bahwa SegWit2X sama sekali tidak bertujuan menghalangi pertumbuhan bitcoin.
 
"Tujuan kami adalah membuat upgrade bitcoin yang lancar. Meskipun kami percaya bahwa pada akhirnya kita butuh ukuran blok yang lebih besar, akan tetapi ada hal lebih penting yang kami percaya, yaitu membuat komunitas selalu bersama. Sayang sekali, ini jelas bahwa kami belum membuat konsensus yang cukup untuk peningkatan ukuran blok pada saat ini. Melanjutkan jalan ini bisa membuat komunitas menjadi terbagi dan akan menghalangi pertumbuhan bitcoin. Ini tidak pernah menjadi tujuan SegWit2X,” kata Mike Belshe dalam suratnya.
 
 

Bitcoin SegWit2X Jamin Pemegang BTC Terima B2X Dengan Proporsional
 
Metode peningkatan ukuran blok bitcoin dari 1 MB menjadi 2 MB sempat jadi masalah pada SegWit2X, karena membutuhkan upgrade perangkat lunak non-backward. Itu yang jadi alasan SegWit2X hibernasi dari pendukung aslinya, yang terdiri dari pendiri start up dan penambang. Namun, lewat sebuah tautan baru berikut perkembangan Bitcoin SegWit2X dapat dipantau http://b2x-segwit.io
 
Dengan empat anggota tim di bawah komando Jaap Terlouw, yang berencana melakukan fork tersebut, Jaap menjanjikan semua pemegang BTC tidak hanya menerima bitcoin baru Swgwt2x dengan rasio 1:1, tapi dengan jumlah proporsional jika mereka menyimpan dana yang sudah ditentukan pada saat fork. Akan ada juga kemungkinan untuk mendapatkan koin dengan mengekstrak kunci pribadi di dompet bitcoin Swgwt2x. Tapi, pilihan ini baru akan tersedia setelah melewati beberapa tahap percobaan.
 
“Komisi dan kecepatan transaksi dalam jaringan bitcoin telah mencapai nilai luar biasa. Hampir tidak mungkin lagi menggunakannya sebagai alat pembayaran. Tim kami akan melakukan hard fork bitcoin yang direncanakan pada pertengahan November. Pada saat yang sama, perdagangan berjangka telah dilakukan pada beberapa bursa untuk waktu yang lama. HitBTC merupakan salah satu di antaranya. Saya berjanji bahwa semua pemegang BTC tidak hanya akan menerima B2X dengan rasio 1:1, namun juga jumlah proporsional Satoshi Nakamoto sebagai hadiah atas komitmen untuk kemajuan proses,” ujar Jaap Terlouw.
 
Seperti kutipan pernyataan tersebut, fork sudah diperdagangkan dan dapat di cek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/. Lalu, biaya bertambah hingga tiga kali lipat setelah diumumkannya proyek ini.  Fork saat ini sudah didukung dengan beberapa perubahan seperti adanya hitBTC yang mendukung sistem kerja BTC hard fork dan IGNIS airdrop. Dan juga pertukaran dengan omzet lebih dari 1 miliar dollar per hari.  Pertukaran yang bisa langsung di dilakukan di beberapa website berikut : https://exrates.me, https://yobit.net , https://zumminer.com, www.webmoney.ru, bitcoin.co.id
 
Namun, jika bitcoin tidak mendukung fork ini dan tidak menghasilkan uang bagi pengguna, maka menjadi tanggung jawab pengguna sendiri. Untuk itu, masyarakat pengguna kripto perlu mendukung sistem ini sukses agar mendapatkan banyak bonus di tahun baru.
 
Tim baru ini juga telah mengungkapkan roadmap untuk pembaruan di masa depan. Pembaruan dengan dukungan lighting network, zksnark dan smart contract, fitur yang mereka yakini akan membuat new fork sebagai bitcoin yang “sempurna".
 
Satu catatan penting, fork ini nantinya berbeda dengan SegWit2X sebelumnya. Dimulai dari blok 501451, akan sangat dinantikan bagaimana fork SegWit2X baru ini akan mendulang sukses.
 
Untuk update SegWit2x bisa cek di:


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BITCOIN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 18-06-2018