Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

Performa International Faculty UI Meningkat Signifikan

Intan Yunelia - 14 Juni 2018 13:54 wib
Rektor UI, Muhammad Anis saat meninjau pelaksanaan SBMPTN 2018. Foto: Humas UI
Rektor UI, Muhammad Anis saat meninjau pelaksanaan SBMPTN 2018. Foto: Humas UI

Jakarta: Universitas Indonesia (UI) kembali masuk dalam peringkat Universitas terbaik di dunia berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2018/2019. UI menduduki peringkat ke 292 dunia dari 1.223 perguruan tinggi diseluruh dunia.

Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, ada upaya yang gencar dilakukan UI. Salah satunya dengan pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkat bergengsi di dunia ini.

"Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang sosial humaniora, kesehatan dan sains teknologi," ucap Anis dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis 14 Juni 2018.

Pada 2018 ini, UI terus menerus melakukan peningkatan di bidang akademik. Begitu pun dengan banyaknya riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan UI.

"Kami ingin meningkatkan peran serta sivitas akademika UI dalam menjawab permasalahan masyarakat melalui penelitian mutakhir dan inovatif," tutur Guru Besar Teknik Metalurgi UI  ini.

UI juga mengalami peningkatan signifikan pada performa 'International Faculty'. Indikator ini menunjukkan jumlah dosen asing dan peneliti asing yang turut serta menjadi tenaga pendidik mahasiswa UI.

"Pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UI. Pada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS," ucap Anis.

Baca: Menristekdikti Siapkan 130.000 Beasiswa di 2019

Saat ini UI tercatat memiliki 617 dosen yang juga tergabung peneliti asing di dalamnya. Namun dari jumlah tersebut banyak didominasi oleh dosen yang berasal dari Australia, Filipina, Jepang, dan Malaysia.

Peningkatan performa berikut terlihat pada indikator "Employer Reputation".  "Indikator ini menunjukkan peningkatan kepuasan para pimpinan perusahaan terhadap kinerja lulusan UI di perusahaan mereka," papar Anis.

Lembaga pemeringkat QS ini salah satu pemeringkatan resmi yang menjadi tolak ukur Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari survei ini juga menjadi acuan dalam mengevaluasi dan mewujudkan perguruan tinggi di Tanah Air menuju World Class University.

UI mempertahankan posisi universitas terbaik pertama di Indonesia selama 7 tahun berturut-turut. Di tingkat dunia UI bersaing dengan universitas-universitas di Asia, Australia bahkan Eropa.

"Dari tahun ke tahun kami berupaya membawa UI menjadi lokomotif pendidikan bangsa yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di dalam peta pendidikan dunia internasional," kata Anis.


(CEU)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENDIDIKAN TINGGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-06-2018