KAI Sebut Kecelakaan di Pondok Ranji Akibat Ketidakwaspadaan

Deny Irwanto - 13 Januari 2018 23:09 wib
Kendaraan yang ringsek tertabrak kereta api di Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama
Kendaraan yang ringsek tertabrak kereta api di Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama

Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika melewati perlintasan kereta api, terutama yang belum terdapat palang penjaga.

Kepala Humas KAI Daop 1 Edy Kuswoyo mengatakan, kecelakaan antara mobil SUV bernopol B 1389 WKC dengan kereta pengangkut batubara di Pondok Ranji, Ciputat Timur diawali dengan ketidakwaspadaan.

"Warga dan masyarakat dihimbau agar patuhi rambu-rambu perlintasan, tengok kanan dan kiri saat mau melintas," kata Edy saat dikonfirmasi Medcom.id melalui pesan singkat, Sabtu, 13 Januari 2018.

Edy menjelaskan, kecelakaan tidak mungkin terjadi jika adanya sikap hati-hati dari kendaraan yang melintasi perlintasan kereta.

Menurut Edy, kendaraan yang melintas juga tidak diperbolehkan sama sekali untuk menerobos jika palang pintu perlintasan sudah tertutup.

"Demi keselamatan, dan bisa fokus atau konsentrasi, apabila menggunakan kendaraan roda empat, sebaiknya matikan audio video, buka kaca agar bisa terdengar suara suling lokomotif. Hindari juga menggunakan ponsel atau handset saat berkendara, apalagi melintas di perlintasan," jelas Edy.

Sebelumnya pagi tadi, mobil SUV jenis Daihatsu Terios bernomor polisi B 1389 WKC disambar kereta batubara arah Jakarta menujuRangkas Bitung, di perlintasan kereta api Kampung Plade RT01 RW05, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Akibat kecelakaan itu, enam penumpang mobil menjadi korban. Tiga di antaranya tewas, sementara tiga lainnya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.


(SCI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KECELAKAAN KERETA API
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 25-04-2018