10 Jam Berlalu, KPK Belum Selesai Periksa Ahok

LB Ciputri Hutabarat - 12 April 2016 20:40 wib
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Gedung KPK sebelum pemeriksaan - MI/Susanto Santo
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Gedung KPK sebelum pemeriksaan - MI/Susanto Santo

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama belum kunjung keluar dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terhitung 10 jam sudah sejak pukul 09.10 WIB pria yang akrab disapa Ahok ini tiba di gedung antirasuah.

Mengenakan batik lengan panjang Ahok memenuhi panggilan KPK sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat. Ini merupakan panggilan pertama KPK untuk Ahok terkait kasus yang diduga merugikan negara sebesar Rp191 miliar.

Kasus ini bermula dari temuan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di APBD Perubahan 2014. Dari temuan itu ada indikasi negara merugi saat Pemprov DKI membeli lahan seluas 3,7 hektare tersebut.

Atas dorongan DPRD DKI, BPK pun melakukan audit investgasi. Ahok sempat sekali dimintai keterangan oleh BPK untuk melengkapi data audit investigasi ini. Saat itu, Ahok diperiksa tak lebih dari 8 jam. Selain Ahok, lembaga pimpinan Agus Rahardjo Cs ini juga telah memeriksa 33 saksi.

Di antaranya Ketua Yayasan RS Sumber Waras, Kartini Mulyadi yang sudah dimintai keterangan oleh penyelidik KPK. Setelah rampung, BPK menyerahkan hasil audit investigasi tersebut kepada KPK.

Pemprov DKI memastikan lahan yang dibeli Pemprov sekitar Rp750 miliar itu sudah sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Hingga berita ini diturunkan Mantan bupati Belitung Timur tersebut belum juga selesai diperiksa.


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AHOK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-09-2017