DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.914.488.519 (18 AGUSTUS 2018)

BNPB Nilai Status Bencana Nasional Gempa Lombok Tak Perlu

Whisnu Mardiansyah - 11 Agustus 2018 08:28 wib
Warga membersihkan puing reruntuhan rumah akibat gempa di Desa Selengan, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Warga membersihkan puing reruntuhan rumah akibat gempa di Desa Selengan, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Lombok Utara: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan saat ini status bencana gempa bumi di Lombok tak perlu diperdebatkan. Pemerintah belum menaikan statusnya menjadi bencana nasional. 

Menurut Willem, tanpa status bencana nasional pun pemerintah pusat telah turun langsung menangani bencana gempa bumi di Lombok. Seluruh sektor kementerian dan lembaga terkait telah bekerja.

"Kenyataan di lapangan sumber daya nasional sudah dikerahkan dari BNPB, Kemensos, Kemendikbud, Kominfo, Kemenkes dan banyak sekali. Jadi itu sudah kita serahkan di sini lihat semuanya," kata Willem di Posko Terpadu, Lapangan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Baca: Rumah Sakit Apung Harapan Korban Gempa di Lombok

Pemerintah pusat memberikan pendampingan dari segi keuangan, logistik dan peralatan, manajemen administrasi dan keahlian khusus. Kehadiran Menkopolhukam Wiranto, Mensos Idrus Marham, Kepala BNPB telah merepresentasikan kehadiran pemerintah pusat. 

"Kita sudah mengerahkan semuanya untuk secepat-cepatnya melakukan upaya tanggap darurat sampai nanti rehablitasi dan rekontruksi. Jadi menurut saya tidak usah dibicarakan lagi masalah status," tegas Willem. 

Baca: Mau Sampai Kapan Kami Tinggal di Lapangan?

Tambahnya, banyak yang tak paham penetapan tingkatan status bencana. Ada anggapan dengan penetapan status bencana nasional, seluruh upaya sumber daya dari pemerintah pusat akan dikerahkan. 

"Kalau itu sudah dikerahkan terus kenapa mesti mempertanyakan status lagi. Salah satu indikasinya kalau Pemprov masih sanggup enggak mungkin bencana nasional," pungkasnya. 



(DRI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GEMPA LOMBOK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-08-2018