Sandi Resmikan Rumah Potong Hewan Unggas

Haifa Salsabila - 06 Februari 2018 14:39 wib
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Haifa Salsabila
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Haifa Salsabila

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) di Jakarta Utara. Nantinya RPHU bakal dijadikan tempat pelatihan program OK OCE. 

“Ada delapan gedung di sini yang dikhususkan mulai dari kandangnya sampai persiapannya dan pemotongannya baik," kata Sandi usai meresmikan RPHU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 6 Februari 2018.

Di gedung itu dibangun pula tempat pertemuan. Nantinya untuk pelatihan OK OCE bagi pasukan 'kwek-kwek' --wirausaha--

"Bisa buat pelatihan pasukan 'kwek-kwek', bisa buat program OK OCE,” imbuh dia. 

Sandi menuturkan untuk membangun RPHU itu Pemprov mengucurkan dana investasi Rp14 miliar. RPHU itu dapat menampung hingga 50.000 unggas. 

"Saat ini utilisasi masih sekitar 10 persen atau 5.000 dari total kapasitas 50 ribu unggas. Nanti kita harapkan naik utilisasinya sampai 50 persen dalam 2 tahun,” sambung Sandi. 

RPHU Rorotan saat ini telah menampung 34 wirausaha yang direlokasi dari tempat pemotongan unggas yang kumuh. Setelah pindah, Sandi berharap ada peningkatan kualitas hidup bagi para pemotong unggas tersebut yang dijulukinya ‘pasukan kwek kwek’.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan DKI, Darjamuni menyebut, saat ini, lapak RPHU tak dipungut biaya. Namun, setelah enam bulan akan dibentuk Peraturan Daerah (Perda) yang mengharuskan para wirausaha membayar uang sewa. 

“Sementara belum. karena ini kita biarkan dulu mereka sampai tumbuh berkembang. Nanti kita ada Perda kita kenakan sewa. Tapi gak seberapa lah,” tutur dia. 
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMPROV DKI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 24-05-2018