DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

KBRI Ujung Tombak Diplomatik Indonesia

Anggi Tondi Martaon - 13 Maret 2018 11:50 wib
Kunjungan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di KBRI Athena. Foto: Dok. DPR
Kunjungan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di KBRI Athena. Foto: Dok. DPR

Jakarta: Dalam kunjungan ke parlemen Yunani, delegasi DPR RI menyempatkan mampir di Kedutaan Besar RI (KBRI) Athena. Kedua belah pihak membahas perkembangan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Yunani.

Delegasi legistlatif Indonesia yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengapresiasi kinerja KBRI Yunani terhadap hubungan diplomatik kedua negara. Menurutnya, keharmonisan hubungan diplomatik antar dua negara berdampak baik terhadap kerja sama di berbagai bidang.

“Kita bersyukur bahwa KBRI Athena memiliki duta besar yang memiliki kinerja yang baik, KBRI merupakan ujung tombak pemerintah Indonesia dalam menjalin hubungan diplomatik yang baik dengan negara-negara sahabat,” kata Taufik dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Maret 2018. Dalam kunjungan persahabatan ke Yunani ini, Taufik didampingi oleh anggota DPR lintas fraksi.

Dalam pertemuan tersebut, KBRI Athena menyebutkan bahwa nilai perdagangan Indonesia-Yunani cukup tinggi. Saat ini, nilai perdagangan kedua negara mencapai US Dollar 280 juta.

Selain itu, politikus PAN itu menyebutkan bahwa keuntungan lain dari sektor ekonomi terkait kerjasam antara Indonesia dengan Yunani yaitu networking. Menurutnya, negeri peradaban tersebut bisa menghubungkan Indonesia dengan  Uni Eropa dan memiliki hubungan khusus dengan negara-negara di Eropa Bagian Selatan.

“Namun kita juga harus mewaspadai situasi ekonomi global saat ini, tentunya kita juga memperhatikan krisis ekonomi Yunani pada tahun-tahun terakhir,” ungkap legislatro asal daerah pemilihan Jawa Tengah VII itu.

Lebih jauh, alumni Manajemen Universitas Dipenogoro itu menyebutkan bahwa hasil kunjungan delegasi DPR RI, baik itu dari KBRI Athena maupun pertemuan dengan parlemen Yunani akan ditindaklanjut di Indonesia. Sebagaimana diketahui, bahwa situasi global saat ini masih belum bersahabat dan masih dinamis. “Kita ingin mengetahui dan mempelajari bagaimana negara Yunani bertahan, sehingga Indonesia bisa terhindar dari hal yang serupa. Tentunya hasil dari diplomasi parlemen ini akan kami bawa dan kami tindaklanjuti di Indonesia,” ujar dia.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Yunani Ferry Adamhar menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran Delegasi DPR RI dalam memenuhi undangan dari Parlemen Yunani. Ia berharap, kunjungan ini akan berdampak positif pada upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara ke depan.

“Kami sangat senang apabila ada delegasi dari parlemen hadir ke Yunani, karena kami membutuhkan itu, ada hal-hal yang harus disampaikan tetapi tidak bisa melalui KBRI, saya harap bisa disampaikan oleh delegasi DPR RI,” kata Ferry dalam sambutanya.



(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 10-12-2018