99 Korban KM Mutiara Sentosa I Diberangkatkan ke Surabaya

Intan fauzi - 20 Mei 2017 09:21 wib
Ilustrasi kebakaran kapal. Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Ilustrasi kebakaran kapal. Foto: Antara/Iggoy el Fitra

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 91 korban kebakaran Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I sudah berhasil dievakuasi ke Pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur. Sebanyak 82 penumpang di antaranya akan diberangkatkan ke Surabaya menggunakan KM Dharma Kartika jurusan Makassar-Surabaya.

"Sebanyak 82 orang ada di terminal penumpang syahbandar. Mereka siap ditransfer ke KM Dharma Kartika, kapal Makassar-Surabaya kembali ke Surabaya," kata petugas Syahbandar Pulau Masalembu, Mamat, saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu 20 Mei 2017.

Sebanyak 17 orang lain yang sudah dievakuasi, dipindahkan dari langsung dari kapal penyelemat untuk dibawa ke Surabaya. Total penumpang yang dibawa pulang ke Surabaya menggunakan KM Dharma Kartika berjumlah 99 orang.

Sementara sisanya sebanyak sembilan penumpang yang dievakuasi sebelumnya harus dirawat di Puskesmas Sumenep. Mereka memerlukan perawatan intensif karena cukup lama terapung di air.

Sebelumnya, kebakaran KM Mutiara Sentosa I berawal dari truk bermuatan kimia yang terbakar. Anak buah kapal (ABK) berusaha untuk memadamkan api namun tak berhasil. Kemudian api menjalar ke kendaraan lain.

Baca: Kebakaran Kapal KM Mutiara Sentosa I Berasal dari Truk Kimia

KM Mutiara Sentosa I jurusan Surabaya-Makassar terbakar di perairan Pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur. KM Mutiara Sentosa I terbakar di saat berada di Posisi 05°33.01 S – 114° 34.25 E atau 3 NM timur laut Pulau Masalembu.

Kapal itu ditumpangi 44 anak buah kapal (ABK) dan 134 penumpang. Proses evakuasi dilakukan oleh tim dari syahbandar Pulau Masalembu, kepolisian, TNI Angkatan Darat, Basarnas Surabaya, Puskesmas setempat, dan masyarakat nelayan sekitar.

Adapun data muatan kendaraan, antara lain: Golongan II empat buah, Golongan III 14 buah, Golongan IV 15 buah, Golongan V 45 buah, Golongan VI sembilan buah.
 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAPAL TERBAKAR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 28-07-2017