Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Komisi VIII Dorong Tagana Menjadi Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Anggi Tondi Martaon - 16 April 2018 17:08 wib
Komisi VIII dorong Tagana didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Dok. DPR
Komisi VIII dorong Tagana didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan. Foto: Dok. DPR

Jakarta: Taruna Siaga Bencana (Tagana) merupakan relawan yang siap siaga membantu masyarakat menghadapi bencana. Tugas mulia tersebut memiliki risiko besar, bahkan sampai mempertaruhkan jiwa.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mendorong agar relawan Tagana didaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Usulan itu disampaikan Marwan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI meninjau Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Panakkukang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis, 12 April 2018.

“Anggota Tagana ini kan rawan. Rawan keselamatan jiwanya, rawan terhadap pekerjaannya, maka layak untuk dilindungi. Kami mendorong Tagana segera diasuransikan lewat BPJS Ketenagakerjaan,” kata Marwan dalam keterangan tertulis, Senin, 16 April 2018.

Politikus PKB itu menjelaskan, alasanya mengusulkan hal itu karena iuran yang disetorkan tidak akan hilang. “Kalau BPJS Ketenagakerjaan, seluruh uang yang kita simpan itu bisa diambil di kemudian hari,” kata dia.

Legislator asal daerah pemilihan Sumatera Utara II itu menyebutkan, relawan Tagana bisa mengikuti dua program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu jaminan kematian dan jaminan kecelakaan. 

“Dan kalau boleh, jaminan pensiun kita masukkan untuk para Tagana. Caranya mari nanti kita diskusikan. Layak kita beri perlindungan untuk Tagana. Untuk dua perlindungan ini hanya sekitar Rp64 ribu per bulannya,” sebut dia.

Tagana merupakan salah satu program yang dibuat oleh Kementerian Sosial. Tagana merupakan perwujudan dari penanggulangan bencana bidang bantuan sosial berbasis masyarakat.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-07-2018