DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

5 Ambisi dan 9 Strategi Demokrat

M Sholahadhin Azhar - 12 Maret 2018 06:08 wib
Agus Hartimurti Yudhoyono di Rapimnas Partai Demokrat - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Agus Hartimurti Yudhoyono di Rapimnas Partai Demokrat - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Bogor: Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono membeberkan arah politik Demokrat. Menurut dia, ada lima ambisi dan sembilan target dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

"Demokrat berpendapat ada lima sasaran besar, pertama lapangan pekerjaan tersedia lebih banyak. Kedua, pendapatan dan daya beli masyarakat lebih tinggi," kata AHY di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 11 Maret 2018.

Ketiga, partai berlambang mercy ini ingin kemiskinan berkurang di tengah masyarakat. Selanjutnya, AHY juga mau hubungan antara negara dan masyarakat lebih erat, diwarnai kerukunan sosial yang lebih baik. Terakhir, ia juga mengharapkan keadilan, kebebasan dan keamanan lebih baik lagi.

"Untuk lima sasaran itu, ada sembilan strategi. Pertama, dilakukan pengurangan dan pelonggaran pajak," kata AHY.

Menurut AHY, dalam pertumbuhan ekonomi seperti sekarang ini, perlu insentif dan dukungan bagi sektor industri. Hal tersebut akan membantu sektor riil bergerak dan menggenjot ekspor agar lebih kompetitif.

Dampaknya, lapangan pekerjaan meningkat dan ekonomi masyarakat lebih tinggi. "Kedua melanjutkan pembangunan infrastruktur, pembangunan saat ini harus terus dilanjutkan," imbuh AHY.

Pun demikian, pembangunan tak hanya terpusat pada Pekerjaan Umum (PU) atau perhubungan saja, namun lebih luas. Skala besar dan skala kecil, BUMN dan Swasta harus dilibatkan dalam hal ini. Kebijakan itu diklaim bakal membuka lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat.

Ketiga yakni pengembangan UMKM dan kewirausahaan, dengan tujuan serupa yaitu lapangan pekerjaan. Namun demikian, pemerintah harus turun tangan mengingat pengembangan sektor ini diwarnai melesatnya teknologi.

AHY mengungkapan, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang tepat, sehingga tak banyak korban dari pergeseran lapangan pekerjaan. Salah satunya, industri konvensioonal ke ranah yang lebih dinamis, seperti angkutan berbasis aplikasi. 

Keempat, pemerintah juga harus menaikkan upah pegawai negeri, buruh, Polri dan TNI secara umum sehingga daya beli meningkat. Kelima, program penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan pendidikan, kesehatan sosial dan lain hal. Keenam, pemerintah harus bisa memberi akses kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan seluas-luasnya bagi masyarakat. 

"Strategi ketujuh, meningkatkan kerukunan dan hubungan yang baik antara negara dan masyarakat. Termasuk ormas dan LSM, hubungannya harus baik dan harmonis. Indonesia enggak boleh jadi police state, dalam arti mengedepankan hukuman dan sanksi," kata AHY.

Kedelapan, kebebasan pers dan pemberitaan yang berimbang harus terus dirawat. Terutama dalam menjaga demokrasi di Tanah Air. Dalam kesempatan ini juga, Demokrat mendeklarasikan diri sebagai partai anti hoax dan ujaran kebencian.

Terakhir, penegakan hukum secara tegas dan adil dan bebas dari kepentingan politik. "Negara harus jadi contoh menegakkan kejujuran, termasuk BIN Polri dan TNI, tak boleh memihak dan independen," tandas AHY.


(JMS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARTAI DEMOKRAT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-10-2018