DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

MUI Jateng Sambut Baik Terpilihnya Ma'ruf Amin

Budi Arista Romadhoni - 10 Agustus 2018 13:32 wib
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji, di kantor MUI Jawa Tengah, Jumat, 10 Agustus 2018. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji, di kantor MUI Jawa Tengah, Jumat, 10 Agustus 2018. Medcom.id/ Budi Arista Romadhoni.

Semarang: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menyambut baik terpilihnya KH Ma'ruf Amin menjadi calon wakil presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. 

Ketua MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji meyakini sosok Ma'ruf akan mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Fenomena pemilihan berbeda ya, sekarang orang memilih bupati atau gubernur berdasarkan figur, seperti di Jawa Tengah juga figur yang kepilih. Menurut saya ini Pak Jokowi figurnya bagus, Pak KH Ma'ruf Amin bagus. Itu karena kedekatan hati dari figur. Saya berdoa, Insyaallah berhasilah," kata Darodji di kantor MUI Jawa Tengah, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Darodji mangatakan pasangan nasionalis dan religius sudah saatnya bersatu. Ia mencontohkan kerja sama Bung Karno dengan ulama saat menyusun Piagam Jakarta yang akhirnya menjadi Pancasila.

"Saya bersyukur, ketua umum MUI kami menjadi cawapres. Track record yang memang harus terjadi, sejak perjuangan kemerdekaan sudah terjadi yaitu kaum nasionalis dan ulama atau religius bersama-sama menyusun Pancasila," jelas Darodji.

Menurutnya, Ma'ruf adalah tokoh ulama yang memiliki nasionalis tulen. Berpasangan dengan Joko Widodo secara tidak langsung menjadikan pasangan ini ideal.

"Nasionalis dan religius sudah on the track itu, Pak KH Ma'ruf Amin adalah ulama yang nasionalisnya tulen. Ulama Indonesia adalah negarawan, kemudian nasionalis juga religius, seperti Pak Jokowi adalah muslim yang baik," ungkap Darodji. 

Meski demikian, Darodji tidak khawatir MUI akan menjadi alat politik. Karena masuk di MUI harus melepas keanggotaan kepartaian dan harus fokus dengan tanggung jawab di lembaga tersebut. 

"Tidak khawatir MUI ke ranah politik, sekarang itu ketuanya banyak, sekretarisnya banyak, tanpa beliau kami masih bekerja dengan mekanisme atau sistem. Kalau mundur sekarang, kalau tidak kepilih saya kehilangan ketua umum dong," kata Darodji.

Dengan terpilihnya KH Ma'ruf Amin, Darodji berharap akan ada peningkatan ekonomi syariah di Indonesia.

"Harapannya undang-undang tentang zakat, ekonomi syariah, dan bank syariah makin didekatkan. Sebenarnya sudah digulirkan oleh Pak Jokowi dan akan dimantapkan lagi dengan adanya KH Ma'ruf Amin," harap Darodji.


(DEN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 18-12-2018