Wakil Ketua DPR Yakin Seluruh Parpol Siap Diversifikasi Ulang

Ilham wibowo - 12 Januari 2018 12:37 wib
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto - Medcom.id/Ilham Wibowo
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto - Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menilai seluruh partai politik (parpol) siap melakukan verifikasi faktual ulang. Ini sebagai syarat untuk lolos sebagai peserta Pemilu 2019. 

"Seluruh parpol tentu sudah siapkan. Padahal keputusan MK baru kemarin, tapi ini sudah mencapai dalam taraf sudah memasuki verifikasi dan sebagainya," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 12 Januari 2018. 

Agus menuturkan keputusan MK bukan hal baru yang diketahui pengurus Parpol. Sebab, pengesahan revisi UU Pemilu sudah rampung diparipurnakan DPR sejak Juli 2017.   

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu menilai parpol tak perlu terus berdebat ihwal putusan verifikasi faktual ulang ini. Mestinya, kata dia, Parpol bisa bergerak cepat menjalankan rencana lantaran proses tahapan Pemilu dibatasi oleh waktu. 

"Seluruh Parpol, apalagi di DPR ini sudah menyiapkan beberapa plan. Kalau plan A tidak lebih baik ya plan B, semuanya sudah menyiapkan teori-terori yang berkaitan dengan putusan MK tersebut," ucap Agus. 

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi dalam Pasal 173 ayat (1) dan (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait verifikasi parpol. Hakim MK menilai seluruh parpol wajib diverifikasi untuk menjadi peserta Pemilu 2019. 
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG REVISI UU PEMILU
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-04-2018