DPR RI Dinilai Paling Transparan, Ini Tanggapan Fahri Hamzah

Anggi Tondi Martaon - 11 Agustus 2017 11:30 wib
 Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) dan pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, Selasa (8/8/2017). Foto: MI/Susanto
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) dan pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, Selasa (8/8/2017). Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil penelitian Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) menyebutkan DPR RI sebagai Parlemen paling terbuka se-Asia Tenggara. Bagi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, ini satu bukti demokrasi Indonesia cukup baik dan harus diteruskan.

“Dari sisi performance demokrasi, kita hargai Indonesia memasuki fase yang hebat,” kata Fahri melalui keterangan tertulis, Jumat 11 Agustus 2017.

Menurut dia, hasil penelitian GIZ patut diapresiasi. Di kemudian hari, Fahri berharap, demokrasi yang sudah baik ini tidak digiring melalui opini dan asumsi publik yang tidak benar.

Klik: DPR RI Parlemen Paling Terbuka di Asia Tenggara

Sedangkan Kepala Badan Keahlian DPR Johnson Rajagukguk mengatakan DPR bangga mendapatkan predikat parlemen paling terbuka. Hasil penelitian ini juga menepis anggapan DPR sebagai lembaga yang kurang transparan dalam menjalankan tugas dan fungsi.
 
“Dalam prosesnya kami selalu menjalankan peraturan. Keterbukaan kami tidak hanya pengelolaan anggaran, seluruh kegiatan di DPR selalu terbuka. Ini yang berbeda dengan parlemen di negara lain,” kata Johnson.
 
Johnson menjelaskan, keterbukaan DPR sejak awal-awal ingin menyusun undang-undang. Dewan selalu menghimpun pendapat masyarakat sejak proses penyusunan program legislasi nasional (prolegnas).

“Kita sejak penyusunan prolegnas hingga penyusunan dan pengesahan selalu terbuka sehingga tidak ada yang ditutupi,” sambungnya.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-10-2017