Anies Siapkan Kebijakan Wajib Vaksin bagi Warga Jakarta

Whisnu Mardiansyah - 04 Januari 2018 05:40 wib
Gubernur DKI Anies Baswedan--Antara/Khairun Nisa
Gubernur DKI Anies Baswedan--Antara/Khairun Nisa

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menyiapkan kebijakan mengantisipasi wabah difteri meluas di Ibu Kota. Caranya dengan kebijakan yang mengatur kewajiban warga ibu kota divaksinasi.

"Kita akan siapkan kebijakan-kebijakannya harus memiliki bukti mengikuti vaksin lengkap," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 3 Januari 2018.

Kata Anies, potensi penyebaran wabah difteri di Jakarta terbilang tinggi. Pasalnya, ibu kota tempat berkumpulnya berbagai manusia dari daerah manapun. Yang memungkinkan membawa virus tersebut dari luar Jakarta.

"Kalau dia membawa problem kesehatan dari luar yang punya efek tular maka dia akan dengan cepat sekali muncul masalah di Jakarta," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI Targetkan 1,9 Juta Anak Divaksin Difteri Tahun Ini

Ia mengintruksikan Dinas Kesehatan DKI untuk merumuskan aturan tersebut. Namun, Pemprov DKI saat ini masih berfokus pada penanganan virus ini yang jumlah kasusnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

"Itu nanti kita siapkan kebijakannya. Pada fase ini kita fokus pada difteri," ujarannya.

Tahun ini, Pemprov DKI memperluas jangkauan vaksinasi difteri ke seluruh wilayah ibu kota dengan target meningkat. Program vaksinasi difteri tahun ini akan mendapat sokongan dari Kementerian Kesehatan.

"Kita putusan akan diteruskan ke seluruhnya bukan hanya 1,2 juta tapi 1,9 anak dengan bantuan dari Kemenkes," ujarnya.


(CIT)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KLB DIFTERI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 23-01-2018