DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 13.813.894.338 (20 AGUSTUS 2018)

Optimalisasi Operasi Intelejen Kunci Keberhasilan Berantas Terorisme

Muhammad Al Hasan - 17 Mei 2018 07:32 wib
Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Soleman B Ponto. (Foto: MI/Rommy Pujianto).
Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Soleman B Ponto. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Mantan Kepala Badan Intelejen Strategis (BAIS) Soleman B Ponto menyebut teroris harus diberangus hingga ke akar. Untuk merealisasikan hal itu, militer intelijen harus dioptimalisasi.

"Cuma satu jalannya, laksanakan operasi intelijen terpadu. Mulai BAIS, BIN, TNI AD, AL, AU, terus polisi laksanakan itu. Kalau ini dijalankan pasti tertidur semua itu (teroris)," kata Soleman di Breaking News Metro Tv pada Rabu, 16 Mei 2018.

Menurutnya, langkah pemerintah dalam pemberantasan terorisme saat ini hanya meniadakan permukaan karena baru 10 persen. Operasi terorisme yang dilakukan belum mampu memberantas 90 persen sisanya karena hanya mengandalkan UU dan deradikalisasi yang dilakukan oleh BNPT.

"Permasalahannya itu ada yang sedang tidur di bawah. Kalau dalam ilmu gunung es, itu 10 persen ada di atas dan 90 persen ada di bawah, itulah ruang tempurnya prajurit-prajurit intelijen," Kata Soleman.

Ia meyakini, langkah optimalisasi intelijen militer bakal berhasil memberangus terorisme hingga ke akar. Pasalnya, TNI memegang peranan hingga ke Babinsa sehingga gerak terorisme bakal mudah diketahui.

"Kalau tidak dimanfaatkan, tidur semua mereka. Sekarang saatnya dimanfaatkan kembali, desk counter terrorist dihidupkan kembali," tegasnya.

Soleman menyebut UU terorisme dan UU TNI memang penting, tapi itu hanya sebagai landasan. Penindakannya ialah melalui optimalisasi operasi intelejen.

"Kalau hanya bertumpu pada UU ini dalam pemberantasan teroris tidak mungkin. Tanpa ada operasi intelijen, nothing," kata Soleman.


(HUS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TERORISME
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018