Sidang Paripurna Panglima TNI & Hakim MK Digelar Hari ini

Ilham wibowo - 07 Desember 2017 12:15 wib
Wakil Ketua DPR Fadli Zon--MI/Mohammad Irfan
Wakil Ketua DPR Fadli Zon--MI/Mohammad Irfan

Jakarta: DPR RI hari ini akan menggelar sidang paripurna keputusan menyetujui Panglima TNI dan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Paripurna dilakukan menyusul rampungnya pembahasan fit and proper test di Komisi I dan Komisi III.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan sidang paripurna rencananya akan digelar pukul 14.00 WIB. Badan Musyawarah (Bamus), kata Fadli, tengah menyiapkan agenda rapat penjadwalan paripurna pengambilan keputusan.

"Dalam hal ini fit and proper test di Komisi I terkait Panglima TNI dan di Komisi III terkait MK, perpanjangan Ketua MK yang sekarang," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis 7 Desember 2017.

Baca: Jenderal Gatot Antar Marsekal Hadi Ke DPR

Komisi I DPR sebelumnya telah menyetujui Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Hadi disetujui karena dianggap mampu dan cakap untuk mengemban tugas tersebut.

"Kawan-kawan di Komisi I sudah menyetujui usulan menunjuk Pak Hadi. Panglima TNI adalah orang teruji karena persyaratannya sudah banyak, pernah menjadi kepala staf atau sedang menjabat," ujarnya.



Komisi III menyetujui calon petahana Arief Hidayat untuk kembali menjabat sebagai Ketua MK. Dalam agenda fit and proper test yang dilakukan, Arif mendapat persetujuan 9 dari 10 fraksi yang hadir.

"Kita ingin hakim MK ini tidak berpolitik dan ambil keputusan yang final mengikat ini dengan baik walau dalam praktiknya tidak begitu. Tapi, keputusan butuh hakim yang punya integritas yang menjaga marwah konstitusi kita," tutur Fadli.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PANGLIMA TNI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017