Kalla tak Ingin Perguruan Tinggi Terjebak dengan Masa Lalu

M Rodhi Aulia - 17 Juli 2017 17:26 wib
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Dok setwapres
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Dok setwapres

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyinggung soal perguruan tinggi di Indonesia. Menurut Kalla, perguruan tinggi tak perlu terus menerus menceritakan soal kejayaannya di masa lalu.

"Perguruan tinggi melihat ke depan. Museum ke belakang," kata Kalla dalam sambutannya di pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI), Bali, Senin 17 Juli 2017.

Kalla menjelaskan Perguruan tinggi harus memikirkan dan mengajarkan ilmu yang dapat diterapkan di masa mendatang. Masa lalu hanyalah sebagai perbandingan.

"Milik anak didik adalah masa depan. Apa yang Anda ajarkan hari ini, baru efektif 10 tahun lagi. Ilmu harus melampaui zamannya. Kalau bahas masa lalu, dia akan jadi museum," ujar dia.

Kalla menegaskan peran museum yang mengungkapkan kisah heroik dan fakta masa lalu, itu penting. Namun Kalla tidak ingin Perguruan tinggi terus terjebak dengan itu.

"Kita tidak perlu terus bicara bagaimana hebatnya (kerajaan) Majapahit. Tapi yang kita ingin, bagaimana hebatnya kita di tahun 2030. Bagaimana itu merencanakan itu," tandas dia.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENDIDIKAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-09-2017