Bantuan Indonesia Diperkirakan Tiba di Bangladesh Besok

Yogi Bayu Aji - 13 September 2017 11:54 wib
Pesawat siap lepas landas membawa bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Foto:MTVN/Yogi Bayu Aji
Pesawat siap lepas landas membawa bantuan Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Foto:MTVN/Yogi Bayu Aji

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memperkirakan bantuan kepada pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh pada Kamis 14 September 2017. Dia berharap, bantuan ini cepat disalurkan.
 
"Mudah-mudahan Kamis paling lambat Jumat (14 September 2017) pagi bantuan ini akan tiba di Bangladesh," kata Retno di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu 13 September 2017.

Baca: Pengiriman Bantuan Pengungsi Rohingya Dilakukan Bertahap

Namun, dia menuturkan, tibanya bantuan di Bangladesh sangat bergantung situasi di lapangan. Dia menjelaskan, semua perizinan terkait pengiriman ini akan diurus sembari berjalan.

 

Retno mengungkapkan, total bantuan sebanyak 34 ton yang diangkut 4 pesawat. Bantuan ini berupa beras, makanan siap saji, tenda, selimut dan pakaian anak.
 
"Pesawat satu dan dua bawa 10 ton, pesawat tiga dan empat tujuh ton," jelas dia.

Baca: Presiden Lepas 4 Hercules Pengirim Bantuan Pengungsi Rohingya

Bantuan dikirim dengan pesawat karena dari pengalaman sebelumnya, pengiriman dengan kapal kontainer memakan waktu lama. Padahal, bantuan dibutuhkan secepatnya oleh pengungsi.
 
Nantinya, pesawat akan mendarat di Chittagong, Bangladesh. Bantuan lalu diantar dengan truk ke Cox's Bazar, perbatasan Bangladesh dan Myanmar, yang berjarak 170 kilometer dari Chittagong.




(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ROHINGYA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 24-11-2017