Fadli: Marsekal Hadi Bisa Langsung Dilantik

Ilham wibowo - 07 Desember 2017 13:00 wib
Waketum Gerindra Fadli Zon/MTVN/M Rodhi Aulia
Waketum Gerindra Fadli Zon/MTVN/M Rodhi Aulia

Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan Marsekal Hadi Tjahjanto bisa langsung dilantik menjadi panglima TNI. Komisi I DPR telah menyetujui pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo itu setelah menggelar fit and proper test, kemarin.

"Itu kan sifatnya teknis saja, artinya kalau dilakukan setelah ada persetujuan dari DPR juga bisa langsung, itu tidak ada masalah (Presiden Jokowi melantik Hadi)," tegas Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2017.

Proses persetujuan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu sebagai pengganti Gatot terbilang cepat. Dewan hanya butuh hitungan hari menyatakan setelah Jokowi memberikan rekomendasi ke DPR, Senin, 4 Desember 2017.

Cepatnya proses, terang Fadli, sesuai keinginan pemerintah melalui surat yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Di sisi lain, Fadli tak mau mendesak pemerintah buru-buru menggelar pelantikan.

"Saya pikir itu hak dari pemerintah ya, tapi kan sebagaimana yang disampaikan oleh panglima TNI sekarang Pak Gatot, itu juga ingin ada proses yang cepat," kata politikus Gerindra itu.

Komisi Pertahanan telah menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi panglima TNI. Hadi dinilai memiliki kecakapan memimpin TNI. Persetujuan disampaikan Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari di hadapan anggota komisi serta Hadi dan jajarannya, Rabu, 6 Desember 2017.

Kharis menyebut rekam jejak Hadi baik selama menjadi perwira TNI. Hadi juga dianggap mampu memimpin setelah menjabat sebagai KSAU.

"Hadi dinilai memenuhi syarat dan memiliki kecakapan dalam mengemban tugas sebagai panglima TNI," ucap Kharis.


(OJE)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PANGLIMA TNI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017