KPU tak Berdiam Diri Tunggu Disahkannya UU Pemilu 2019

M Sholahadhin Azhar - 19 Juni 2017 15:49 wib
Suasana audiensi Koalisi masyarakat sipil dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) --Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar
Suasana audiensi Koalisi masyarakat sipil dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) --Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Koalisi masyarakat sipil mengawal pemilu, mengadakan audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU diminta bergerak, mempersiapkan Pemilu 2019.

Mengingat, Revisi UU Pemilu masih belum rampung. Namun, tahapan pemilihan umum harus segera dilaksanakan. "Kebetulan nyambung dengan kita, kita pun lakukan hal itu," kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin 19 Juni 2017.

Ia menyebut sudah melakukan langkah konkret, seperti pembentukan desk Pilkada 2018, dan Pemilu 2019. Susunan tahapan Pemilu 2019 dengan berbagai pilihan juga sudah dilakukan.

Perkiraan atas UU yang kemungkinan disahkan Mahkamah Konstitusi (MK), jika RUU Pemilu rampung tak luput dari persiapan. Termasuk dengan melibatkan UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif. Serta UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

"Pendek kata, kita tidak berdiam diri menunggu disahkannya UU Pemilu (untuk) 2019," ucapnya.

Selain opsi-opsi, persiapan lain seperti sosialisasi dan tahapan verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019 juga tengah disiapkan. Bersamaan dengan pelatihan di tingkat Kabupaten/Kota untuk KPUD.

Sementara itu, Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi, Titi Anggraini menyebut kehadiran koalisi masyarakat sipil tak bermaksud untuk mengintervensi Pemerintah dan DPR.

Keduanya dipersilakan menjalankan tugas untuk merevisi dan merumuskan UU Pemilu yang baru. Namun, jangan sampai KPU terlihat menunggu bola dan tak melakukan persiapan.

"Kami menekankan KPU tak boleh berdiam diri, bukan menafikan peran DPR dan Pemerintah," katanya.

Seperti diketahui, pembahasan RUU Pemilu berlangsung alot. Janji awal revisi regulasi itu akan rampung pada 18 April 2017, namun bergulir hingga 18 Mei 2017.

Terakhir DPR menjanjikan kesepakatan di tingkat pertama dapat dihasilkan pada hari ini, Senin 19 Juni 2017. Meski demikian Panitia Khusus RUU Pemilu dan Pemerintah tak bisa memastikan kapan RUU Pemilu ini akan selesai, bahkan isunya revisi regulasi bakal rampung Agustus nanti.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG REVISI UU PEMILU
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 17-10-2017