Imigrasi-Timpora Diminta Perketat Pengawasan WNA

Antara - 13 Februari 2018 20:02 wib
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/M Rodhi Aulia
Ketua DPR Bambang Soesatyo--Medcom.id/M Rodhi Aulia

Jakarta: Direktorat Jenderal Imigrasi dan Tim Pengawasan Orang Asing (Ditjen Imigrasi dan Timpora) diingatkan untuk memperketat pengawasan keberadaan orang asing di Indonesia. Aktivitas ilegal WNA di Indonesia, dapat dicegah dengan meningkatkan kinerja Imigrasi dan Timpora di bidang pengawasan.

"Kami minta Ditjen Imigrasi dan Timpora dapat meningkatkan kinerjanya, melakukan pengawasan dan mencegah adanya aktivitas ilegal dan pelanggaran hukum keimigrasian oleh WNA di Indonesia," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Selasa, 13 Februari 2018. 

Bamsoet mengimbau Badan Intelijen Negara (BIN) dapat terus memantau pergerakan WNA di Indonesia. "Saya akan meminta Komisi I DPR yang menjadi mitra kerja BIN terus mendorong lembaga sandi itu dalam mencermati pergerakan para WNA, sesuai dengan tujuan kedatangan di Indonesia, agar tidak bertentangan dengan
kebijakan Pemerintah terkait bebas visa," terangnya.



Politikus Partai Golkar ini secara khusus meminta Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, memperketat pemberian izin bagi WNA yang hendak masuk Indonesia, sekaligus meningkatkan pengawasannya. Itu dapat meminimalisasi kemungkinan penyalahgunaan visa.

Bamsoet juga mengapresiasi langkah tegas Pemerintah Indonesia terhadap WNA yang menyalahgunakan izin keimigrasian dengan melakukan deportasi.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WNA ILEGAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 22-05-2018