NasDem Nilai Wajar Elektabilitas Jokowi Melejit

christian dior simbolon - 13 September 2017 06:00 wib
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Antara/Andika Wahyu
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G. Plate menganggap wajar elektabilitas Presiden Joko Widodo terus melejit. Selama tiga tahun memerintah, Jokowi dinilai telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan pro rakyat dan mempermudah iklim investasi.

"Misalnya KIP (Kartu Indonesia Pintar), KIS, peningkatan dana desa, mempermudah investasi dan lainnya. Itu sekarang mulai dirasakan manfaatnya. Rakyat mulai paham pemerintah tidak main-main dengan komitmennya untuk terus membangun. Jadi wajar saja (elektabilitasnya) naik," ujar Johnny saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Selasa 12 September 2017.

Sebagai salah satu parpol pendukung pemerintah, Johnny mengatakan, NasDem bakal terus mengawal program-program pemerintah ke depan. Terlebih, NasDem juga mengusung Jokowi sebagai capres pada Pemilu 2019.

"Bukan soal menjaga elektabilitas saja, kita (NasDem) ingin Jokowi bisa merealisasikan program-program prioritas sesuai dengan janji Nawacita. Itu komitmen kita," tandasnya.





Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis survei kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Elektabilitas Jokowi disebut mengalami kenaikan dari tahun lalu.

Pada 2015, elektabilitas Jokowi sekitar 36,1 persen. Kenaikan fantastis terjadi pada 2016 menjadi 41,9 persen. Kini, elektabilitas Jokowi mencapai 50,9 persen.

Meningkatnya elektabilitas Jokowi ini tak lepas dari kepuasan masyarakat. Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermonte mengatakan, masyarakat puas dengan kinerja pemerintah terutama di sektor pembangunan. Pembangunan infrastruktur sangat diapresiasi masyarakat.

Baca: Survei CSIS: Elektabilitas Jokowi Melenting

Namun, masyarakat masih mengeluhkan tingginya harga sembako dan kurangnya lapangan kerja. Masyarakat juga mengaku tak ada perubahan ekonomi keluarga mereka dibandingkan lima tahun lalu. Tapi, upaya pembangunan yang dilakukan pemerintah membekas buat masyarakat.

"Tingkat dukungan masih tinggi, ini ada sebuah level trust yang belum berubah terhadap pemerintahan pak Jokowi-JK," kata Philips di Kantor CSIS, Jalan Tanah Abang 3, Jakarta Pusat.
 


(AZF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG JOKOWI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017