Jokowi Buka Rakernas Pelaporan Keuangan Pemerintah

Achmad Zulfikar Fazli - 14 September 2017 10:58 wib
Presiden Jokowi--Antara/Cahyo
Presiden Jokowi--Antara/Cahyo

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan rapat kerja nasional akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2017. Jokowi berpesan agar pengelolaan keuangan negara digunakan untuk memperbaiki sistem.

"Saya ingin mengingatkan kita semuanya tidak boleh memandang pengelolaan keuangan negara hanya sebagai urusan teknis saja, hanya urusan prosedural saja," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Apa yang dilakukan pemerintah, kata Jokowi, harus mengarah pada perbaikan-perbaikan sistem. Jokowi mengaku telah menyampaikan hal itu berkali-kali.

Baca: Presiden: Tata Kelola Keuangan Pemerintah Membaik

Peresmian ini berlangsung sekira pukul 09.00 WIB. Sejumlah menteri Kabinet Kerja turut hadir, antara lain Menteri Kuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Dalam kesempatan ini, Kepala Negara juga mengingatkan cepatnya perubahan. Karena itu, ia meminta kepada semua pihak bisa mengantisipasi perubahan tersebut, terutama dalam berinovasi.

"Kita juga harus berani berubah. Akutansi kita mestinya kita arahkan, orientasi tidak kepada prosedur, orientasinya harus diubah pada orientasi hasil," ujar dia.



Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta kepada anak buahnya di pemerintahan berhati-hati dalam membuat program. Ia tak ingin setiap program yang dikeluarkan hasilnya sia-sia.

"Banyak sekali yang ukuran kinerjanya tidak jelas. Kemudian juga banyak tidak ada keterkaitan program dengan sasaran pembangunan, lepas sendiri-sendiri. Dan, kalau dirinci lagi, rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan, enggak jelas juga," kata dia.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LKPP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017