Suara PDIP di Pilres 2019 di Tangan Megawati

M Rodhi Aulia - 13 Agustus 2017 16:38 wib
Katua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Antara/Andika Wahyu
Katua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski sejumlah partai sudah menyatakan dukungan untuk mengusung Joko Widodo di Pilpres 2019. Namun, PDI Perjuangan (PDIP) belum mengambil sikap. Semua bakal ditentukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
 
"Kongres keempat telah memberikan mandat kepada ibu Megawati untuk menetapkan calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilu 2019 yang akan datang," kata Sekjen PDIP Hasto Kristyanto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu 13 Agustus 2017.

Baca: Pilpres 2019: Jokowi vs Bukan Jokowi

Hasto menegaskan, PDIP belum berpikir mendeklarasikan sosok tertentu buat bertarung di Pilpres 2019. Pasalnya, PDIP masih fokus memastikan gaya dan model kepemimpinan Jokowi saat ini agar dapat dirasakan positif oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Apalagi permasalahan bangsa cukup pelik.
 
"Yang pasti, tradisi kepemimpinan PDIP dari ibu Megawati Soekarnoputri selalu memberikan kesempatan kepada kepala daerah termasuk Presiden sekalipun, untuk menjabat kembali sekiranya pemimpin tersebut menunjukan komitmen kerakyatannya," ucap dia.

Hasto menjelaskan, bukti komitmen kerakyatan itu ialah mampu membawa sebuah perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik. Itulah konsepsi PDIP, sehingga tidak mau buru-buru mendeklarasikan dukungan terhadap sosok tertentu.

Baca: PDIP tak Ingin Ikut-ikutan Deklarasikan Jokowi

"Ada saatnya bagi kami untuk berbicara terhadap pencalonan tersebut. Kami tidak ingin membawa suasana Pilpres terlalu di depan yang membuat suasana politik, persaingan yang tidak perlu. Itu sikap dari PDIP," ucap dia.

Hasto menambahkan, PDIP tidak akan melupakan kerja keras kadernya untuk rakyat. Pasalnya dalil dalam politik, siapapun mereka yang bekerja keras untuk rakyat, rakyat akan memberikan apresiasi.
 
"PDIP tidak akan mendahului kehendak rakyat tersebut. Tetapi kami meyakini bahwa kepemimpinan Jokowi yang menyatu dengan rakyat, memberikan fundamen yang baik untuk dapat dia terpilih kembali. (Jika itu terbukti hingga 2019), di situlah dukungan partai diberikan," tandas dia.




(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017