Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

KPU Antisipasi Kotak Kosong di Pemilu 2019

Ilham wibowo - 17 April 2018 09:08 wib
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Foto: MI/Ramdani.
Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan strategi untuk mengantisipasi calon presiden tunggal di Pemilu 2019. KPU sedang menggodok sejumlah opsi.
 
"Itu (kotak kosong) salah satu isu strategi yang akan kita sampaikan. Sekali lagi, kita perlu membuat opsi-opsi baru, jika begini gimana, jika begitu gimana," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin, 16 April 2018.
 
Rumusan mekanisme pemilihan calon tinggal masih dalam penyusunan. Meski kecil kemungkinan terjadi, Wahyu menyambut bentuk antisipasi merupakan poin kesiapan sebagai lembaga penyelenggara.
 
"Segala kemungkinan harus kita antisipasi. Kalau kotak kosong menang apakah ada kekuasaan kosong selama lima tahun kan enggak mungkin," paparnya.

Baca: PDIP Siap Kemungkinan Jokowi Lawan Kotak Kosong

Wahyu mengaku tak mengharapkan mekanisme kotak kosong berjalan di Pemilu 2019. Ia optimistis bakal muncul kandidat yang bersaing secara demokrasi untuk memimpin bangsa periode 2019-2024.
 
"Kami mendorong jangan sampai ada capres tunggal," tuturnya.
 
KPU menyiapkan opsi perpanjangan masa pendaftaran bila muncul calon tunggal. Mekanisme pemilihan kotak kosong tetap terlaksana setelah rapat pleno KPU yang menutup masa pendaftaran.
 
"Nah apabila sudah ada perpanjangan waktu dan tetap ada satu calon ya tetap (mekanisme kotak kosong). KPU mengupayakan tak terjadi calon tunggal, tapi kami tak bisa memaksa ada atau tak ada calon tunggal," imbuhnya.




(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018