Hanya 35% Kementerian/Lembaga Berada di Zona Hijau

Achmad Zulfikar Fazli - 07 Desember 2017 17:31 wib
Ketua Ombudsman Amzulian Rifai (tengah)/ANT/M. Agung Rajasa
Ketua Ombudsman Amzulian Rifai (tengah)/ANT/M. Agung Rajasa

Bogor: Laporan penilaian tingkat kepatuhan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik belum memuaskan. Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengatakan sebagian besar kementerian belum maksimal

"Kami menyurvei layanan 14 kementerian dan hasilnya hanya 35 persen yang berada di zona hijau," kata Rifai di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis 7 Desember 2017.

Zona hijau berarti kementerian/lembaga patuh pada standar pelayanan publik. Sebanyak 57 kementerian/lembaga berada di zona kuning atau sedang. Sedangkan sisanya berada di zona merah atau tingkat kepatuhannya rendah.

Hasil itu menunjukkan masih banyak kementerian yang harus memperbaiki pelayanan. Ombudsman telah berkomunikasi dengan kementerian/lembaga dimaksud.

"Jadi kita ikut bertanggung jawab, tidak hanya mengawasi tetapi juga memberikan asistensi," ujar dia.

Tak hanya kementerian/lembaga, Ombudsman juga menyurvei 104 pemda di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Namun, belum ada penjelasan rinci soal ini.

Anggota Ombudsman RI La Ode Ida mengatakan Jokowi meminta pihaknya tidak hanya melaporkan hasil survei tersebut kepada Kepala Negara. Hasil itu juga harus dibuka kepada publik.

"Intinya sebetulnya pada instansi-instansi tidak patuh pada standar pelayanan publik atau malaadministrasi dalam proses-proses pelayanan publik itu diberi sanksi oleh publik," ucap dia.


(OJE)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEMENTERIAN LEMBAGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017