Garda Pemuda NasDem: Jangan Sepelekan Prosedur Menjadi WNI

LB Ciputri Hutabarat - 21 Agustus 2016 00:18 wib
Bekas Menteri ESDM Arcandra Tahar. MI/PANCA SYURKANI.
Bekas Menteri ESDM Arcandra Tahar. MI/PANCA SYURKANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Martin Manurung meminta agar pemberian kewarganegaraan kepada bekas Menteri ESDM Arcandra Tahar tidak diistimewakan. Martin menilai pemberian warga negara harus dilakukan sesuai prosedur.

"Proses itu harus tetap dalam koridor yang memberikan edukasi kepada seluruh WNI untuk memegang teguh kewarganegaraannya apapun risiko yang harus ditempuh," kata Martin di Jakarta, Sabtu (20/8/2016).

Martin menerangkan, kembalinya anak bangsa menjadi warga negara Indonesia adalah hal yang patut disambut positif. Menurut dia, harusnya setiap orang sudah bisa menakar dampak sebelum memilih kewarganegaraan.

"Pak Arcandra pernah memilih untuk menjadi warga negara asing, sementara banyak anak bangsa Indonesia tetap mempertahankan kewarganegaanya dengan segala akibatnya. Kata pepatah, lebih baik hujan batu di negeri sendiri," kata Martin.

Garda Pemuda NasDem, kata Martin, menilai seharusnya setiap pejabat negara haruslah memberi teladan kepada rakyatnya termasuk soal kewarganegaraan. Sehingga, masyarakat yang melihatnya dapat mengimplikasikan sikap teladan saat bermasyarakat dan bernegara.

"Nilai edukasi kebangsaan yang seharusnya diberikan oleh pemimpin bangsa sebagai teladan adalah memberikan kewarganegaraan kepada Pak Arcandra dengan proses yang biasa seperti anak bangsa Indonesia lainnya," pungkas Martin.


(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEWARGANEGARAAN ARCANDRA TAHAR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 22-09-2017