DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.147.901 (21 SEP 2018)

Kalla Yakin Diaspora Kembali ke Tanah Air

Dheri Agriesta - 21 Agustus 2017 16:46 wib
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Kongres Diaspora Indonesia di Hotel JS Luwansa. Dalam pidatonya, orang nomor dua di republik itu yakin para diaspora akan pulang ke Tanah Air.
 
"Saya yakin, jadi walaupun lama di luar negeri, suatu saat ingin juga kembali ke Tanah Air," kata Kalla di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 21 Agustus 2017.

Baca: Kartu Diaspora Indonesia Resmi Diluncurkan

Faktor keluarga jadi alasan para diaspora kembali pulang. Selain itu, para diaspora tak mungkin membiarkan bangsa tertinggal dari bangsa lain. Mereka akan membantu mengembangkan dan memajukan bangsa.
 
Kalla juga meminta kepada seluruh diaspora tak lupa membagi ilmu yang mereka punya kepada masyarakat di Tanah Air. "Apa yang dimiliki (diaspora) juga diviruskan di dalam negeri," jelas dia.
 
Selain itu, budaya mudik yang dianut bangsa ini menjadi alasan berikutnya. Masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat selalu mudik pada waktu tertentu, tak hanya saat senang tapi juga susah.

Baca: Konvensi Diaspora Indonesia Bentuk Diplomasi RI di Luar Negeri

Contoh saja saat seseorang meninggal dunia. Sebagian besar pasti memiliki amanat untuk dimakamkan di tanah kelahiran. Hal ini tak hanya terjadi pada masyarakat biasa, bahkan juga pemimpin negara.
 
"Tiga presiden yang sudah mendahului kita, dikuburnya pun mudik, Bung Karno di Blitar, Gus Dur di Jombang, Pak Harto di Solo, semua mudik. Hidup mati mudik kita orang Indonesia ini," kelakar Kalla.




(FZN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIASPORA INDONESIA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018