DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.052.810.215 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Citra Politik Dua Kaki Negatif

Dheri Agriesta - 13 September 2018 10:56 wib
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan). Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby (kanan). Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengkritik Partai Demokrat yang mempersilakan kadernya mendukung pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Sikap main dua kaki ini disebut bakal merugikan partai besutan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Karena sentimennya negatif kalau kemudian yang muncul ke media adalah Partai Demokrat dua kaki, itu citranya negatif," kata Adjie di kantornya, Rawamangun, Jakarta, Rabu, 12 September 2018. 

Menurut dia, Partai Demokrat seharusnya tegas terhadap kader mereka. Pasalnya, Demokrat telah melabuhkan dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Jajaran SBY, kata dia, seharusnya mendukung secara optimal pasangan Prabowo-Sandi. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan keuntungan elektoral dari pasangan itu. 

"Efek elektoralnya jangan sampai dimonopoli Gerindra," kata dia. 

Jika optimal mendukung, kata Adjie, Partai Demokrat bakal menurunkan kader terbaik mereka untuk mengampanyekan Prabowo-Sandiaga. "Dibanding main dua kaki, di koalisi Jokowi juga kan tidak mendapatkan apa-apa ya atau berkah elektoralnya kan juga mayoritas lari ke PDI Perjuangan," jelas Adjie. 

Baca: Gerindra Ingatkan Andi Arief tak Berpolitik Sensasional

Setidaknya, ada empat kader Partai Demokrat yang memutuskan mendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Dukungan pertama disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi yang menjabat sebagai wakil ketua dewan pertimbangan Partai Demokrat.

Dukungan disusul kader lain. Gubernur Papua Lukas Enembe yang menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan mendukung Jokowi.



(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARTAI DEMOKRAT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 17-11-2018