Anggota KIP 2017-2021 Harus Punya Semangat Perbaiki Informasi Publik

Antara - 13 September 2017 13:15 wib
Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Meutya Hafid . Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia
Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Meutya Hafid . Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) periode 2017-2021 harus memiliki integritas dan semangat untuk memperbaiki bidang informasi publik. Hal itu seiring dengan tuntutan masyarakat agar kualitas komisioner diperbaiki.

"Karena itu Komisi I DPR perlu memastikan anggota KIP terpilih nanti harus punya integritas dan semangat untuk perbaikan bidang informasi publik," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafidz di Jakarta, Rabu 13 September 2017.

Baca: Masyarakat Mulai Sadar Pentingnya Keterbukaan Informasi

Selain itu, dia menilai anggota KIP harus memiliki rekam jejak yang baik. Kemudian memiliki komitmen terhadap upaya penciptaan keterbukaan informasi Publik yang baik.

Meutya mengakui bahwa anggota KIP periode 2012-2017 tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Karena banyak masalah di internal yang membuat tugas dan fungsi KIP tidak berjalan maksimal. "Banyak permasalahan internal yang membuat tugas dan fungsi utama KIP belum tercapai," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu juga mengakui, desakan masyarakat semakin menguat agar kapasitas kualitas anggota KIP harus ditingkatkan. Seiring dengan tantangan keterbukaan informasi yang semakin kuat.

Meutya menjelaskan Komisi I DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 21 calon anggota KIP pada Rabu 13 September 2017. "Jumlah 21 yang akan mengikuti uji kelayakan tersebut sesuai UU yaitu tiga kali dari jumlah komisioner KIP," terangnya.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017