Gerindra Tak Soal Jadi Oposisi Tanpa Koalisi

Achmad Zulfikar Fazli - 18 Mei 2016 19:14 wib
Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Satu persatu anggota Koalisi Merah Putih (KMP) mulai merapat ke pemerintah. Politikus Partai Gerindra Supratman Andi Atgas mengatakan, pihaknya tak menyoal bila Gerindra ditinggal sendirian sebagai oposisi.

Menurutnya, dinamika politik dapat berubah saat mencapai suatu kepentingan tertentu. "Dari awal sebenarnya kita sudah hitung, oposisi mau sendiri, mau sama kawan-kawan itu sama saja. Jadi kami sudah perhitungan ini sejak awal bahwa koalisi sifatnya sementara karena kepentingan politik," kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2016).

Gerindra, kata dia, tetap akan berkomitmen sebagai oposisi dan tidak berminat bergabung dengan pemerintahan Jokowi-JK. Supratman menyatakan, Gerindra akan terus mengkritisi kebijakan pemerintah yang tak sesuai dengan keinginan rakyat.

"Kami sudah komit akan berkoalisi dengan rakyat apa yang terbaik bagi rakyat, itu yang terbaik bagi Gerindra," ujar dia.

Dia menambahkan, menjadi oposisi bagi Gerindra sama terhormatnya dengan berada di pemerintahan. Sebab, partainya dapat memberikan kontrol terhadap kebijakan pemerintah.

"Bukan berarti tidak setuju dengan pemerintahan. Kalau baik untuk rakyat, kita dukung, sebaliknya kalau tidak baik, kita kritik. Tapi kritik kita bukan berarti asal saja. Kita cari alternatif lainnya dengan pertimbangan," tandasnya.

Sekadar diketahui, Partai Golkar resmi menyatakan dukungannya kepada pemerintah. Dukungan tersebut disampaikan langsung Aburizal Bakrie (saat itu Ketua Umum Partai Golkar, kini Ketua Dewan Pembina) di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam penutupan Rapimnas.

Sebelumnya PAN dipimpin Zulkifli Hasan sudah terlebih dahulu menyatakan bergabung bersama pemerintahan Jokowi-JK. PPP kubu Djan Faridz pun mulai menunjukkan sinyal-sinyal untuk melakukan hal serupa.

 


(Des)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KOALISI MERAH PUTIH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017