Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Airlangga Disebut Restui Bamsoet jadi Ketua DPR

Ilham wibowo - 12 Januari 2018 14:49 wib
Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo. Foto: MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut telah merestui Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi Ketua DPR RI. Pengumuman resminya pun dinilai tinggal menunggu waktu yang tepat.

"Semuanya dikembalikam Ketum Partai Golkar. Tapi nama yang ada dari Partai Golkar, Pak Bambang Soesatyo yang mungkin akan menduduki Ketua DPR RI," kata Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 12 Januari 2018. 

Menurut dia, pemberian mandat jabatan Ketua DPR tak diatur secara khusus. Airlangga sebagai pimpinan tertinggi di partai berlambang pohon beringin itu punya hak tunggal untuk memutuskannya. 

"Tapi bisa jadi juga Ketum itu ingin mengumumkan dengan internal partai dulu, nanti disampaikan di rapat pleno, cukup disampaikan saja saya kira," ucap Wakil Ketua MPR ini. 

Baca: Bambang Soesatyo Hampir Pasti Gantikan Novanto

Ia mengatakan, pemberian restu kepada Bamsoet sebagai calon Ketua DPR keluar saat rapat fraksi Golkar yang digelar tertutup di Gedung DPR. Restu tersebut tak mendapat penolakan dari anggota fraksi yang hadir. 

"Mungkin disampaikan Pak Airlangga dengan para senior-senior di partai dan sejauh ini setahu saya tidak ada penolakan," kata dia.

Suara Golkar Terpecah

Golkar belum menyatu soal penetapan calon pengganti Setya Novanto di pucuk pimpinan legislatif. Restu kepada Bamsoet sebagai calon Ketua DPR dianggap klaim sepihak. 

Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Fadel Muhammad mengatakan, keputusan resmi DPP Golkar belum final soal Ketua DPR. Menurut dia, kepastian itu baru ada setelah diumumkan secara resmi oleh Airlangga.  "Klaim sepihak," ucap Fadel. 

Baca: Airlangga Sebut Ketua DPR Sosok Senior di Golkar

Fadel menegaskan, adanya restu Ketua DPR itu hanya klaim dari kelompok pendukung Bamsoet. Anggota Komisi VII DPR ini mengatakan, masih banyak kelompok lain di internal Golkar yang berpotensi dan berkeinginan menempati posisi pimpinan DPR.

Misalnya, Zainudin Amali, Aziz Syamsudin serta Agus Gumiwang. Ia pun mengklaim masih berpotensi menjadi Ketua DPR. Apalagi, dirinya merupakan salah seorang senior di Golkar.

"Yang mereka minta-minta kan yang senior, senior kan saya. Jadi saya lebih hati-hati kalau berbicara," kata dia.


(AZF)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PARTAI GOLKAR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018