KPK Minta Parpol Perbaiki Sistem Kaderisasi

Whisnu Mardiansyah - 14 September 2017 03:10 wib
Logo KPK di Gedung Merah Putih. (Foto: MI/Rommy Pujianto).
Logo KPK di Gedung Merah Putih. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu sistem integritas kepartaian dapat terwujud bila mampu menciptakan kader parpol yang berkualitas. KPK meminta semua parpol perbaiki sistem kaderisasi.

"Artinya partai harus investasi dalam bentuk bangun kader dari pemula. Masuk sayap dulu abis mahasiswa, dari sayap masuk ke partai pengurus," kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di kantor DPP Partai NasDem, Jalan RM Soeroso, Jakarta Pusat, Rabu 13 September 2017.

Menurutnya, selama ini partai menggunakan cara instan untuk merekrut kader. Sehingga, tidak terjalin komunikasi yang baik antara kader dengan partai. 

(Baca juga: KPK Tawarkan Kader Parpol Terlatih ke NasDem)

Imbasnya, hubungan kader dengan partai hanya intensif terjadi saat kader tersebut ingin maju sebagai calon kepala daerah. Saat kader terbelit dengan kasus korupsi, partai malah jadi ikut tercoreng.

"Setelah kepilih enggak ngomong lagi ke partai. Begitu ketangkap orang bilang partai yang mengusung. Enggak fair juga buat partai," jelasnya.

Ia menyampaikan pada 2017, KPK telah melatih 300 kader pemula yang dipersiapkan sebagai calon kader partai. Mereka telah diberikan pelatihan soal integritas kepartaian.

Kader-kader tersebut ditawarkan kepada parpol-parpol untuk direkrut menjadi kader partai.




(HUS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KPK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017