DPR akan Gelar Rapat Paripurna Masa Persidangan II

Ilham wibowo - 15 November 2017 08:21 wib
Ilustrasi: Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.
Ilustrasi: Gedung DPR. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menjalani masa sidang pada Rabu, 15 November 2017. Rapat digelar untuk membuka masa persidangan ke-11 2017-2018 setelah anggota dewan reses. 

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, rapat ini akan dipimpin langsung Ketua DPR Setya Novanto. Sejumlah agenda akan dibahas, terutama isu terkini yang tengah terjadi di masyarakat. 

Meski demikian, Agus tak bisa memastikan kehadiran Novanto yang memegang palu pimpinan rapat. Pasalnya, dalam waktu yang bersamaan, Novanto dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dugaan korupsi proyek KTP elektronik. 

Menurut Agus, ada atau tidak Ketua Umum Partai Gokar itu di Gedung Parlemen, rapat paripurna tetap berjalan. Pimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial, kata dia, masih bisa menggantikan peran Novanto. 

“Jadi yang disampaikan dalam pidato pembukaan yang menyampaikan itu pimpinan. Pimpinan itu boleh saja Pak Nov, boleh saja pimpinan yang lain, sehingga tidak harus dikhususkan ke Pak Nov,” ujar Agus di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa, 14 November 2017. 

Ia memastikan, rapat paripurna hari ini juga akan dihadiri wakil ketua DPR lainnya: Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon. Pengambilan keputusan musyawarah rapat paripurna masih dinyatakan sah bila minimal dua di antara pimpinan tersebut telah hadir.

"Karena kuorum adalah minimal dua pimpinan. Namun kalau rapat pimpinan, minimal tiga orang pimpinan. Sekarang kan ada lima pimpinan. Kalau satu yang berhalangan, rasanya ini tidak menjadi masalah,” ucap Agus.


(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 20-11-2017