Partai Demokrat Optimistis Lahirkan Capres di 2019

Ilham wibowo - 12 Januari 2018 16:02 wib
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto - Medcom.id/Ilham Wibowo
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto - Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto optimistis partainya bisa memunculkan calon presiden (Capres) di Pemilu 2019. Partai besutan Susilo Bambang Yudoyono itu bakal menyiapkan strategi untuk menjalankan aturan ambang batas presiden 20 persen.  

Agus mengatakan, target untuk memunculan Capres tersebut sesuai keputusan Rapat Kerja Nasional (Rekernas) Partai Demokrat di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mei 2017. Keputusan telah bulat untuk mengusung capres atau cawapres baik dari internal maupun eksternal partai.

"Bisa kader atau orang dalam Partai Demokrat itu sendiri, dan itu untuk menjadi Capres atau Cawapres," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 12 Januari 2018. 

Saat ini, nama putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), terus digaungkan Partai Demokrat. Peluang AHY bisa memenuhi ambang batas 20 persen dari dukungan partai politik tetap terbuka. Koalisi dengan Parpol lain masih terus dikomunikasikan. 

"Itu masih terbuka luas apakah kita capres atau cawapres kalau dipandang dari peta politik yang ada, kita lihat juga gabungan partai yang ada," kata Wakil Ketua DPR RI ini. 

Peta politik, kata Agus, akan terus dipantau untuk mewujudkan hasil Rakernas Partai Demokrat. Tak hanya itu, Majelis Tinggi Demokrat terus mengkaji partai mana yang akan menjadi partner Demokrat dalam berkoalisi di Pemilu Presiden 2019.

"Tetapi keputusannya memang belum keluar sekarang karena memang kami juga harus mempelajari peta politik yang terkini," ujar dia.
 



(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018