PDIP Tak Jamin Ganjar Kembali Dicalonkan

M Rodhi Aulia - 13 Agustus 2017 21:20 wib
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: MI/Arya Manggala
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ganjar Pranowo berpeluang dicalonkan kembali di Pilkada Jawa Tengah 2017. Namun Hasto mengaku, Dewan Pengurus Pusat PDIP belum bisa memberikan jaminan.
 
"Partai tinggal melakukan evaluasi. Incumbent mendapatkan skala prioritas untuk dicalonkan meskipun itu bukan jaminan," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu 13 Agustus 2017.
 
Menurut Hasto, kader akar rumput di Jawa Tengah mendorong agar Ganjar dicalonkan kembali. Namun kembali Hasto menegaskan DPP PDIP belum menentukan sikap.
 
Hasto menyadari bahwa satu periode kepemimpinan tidak cukup untuk memberikan perubahan yang signifikan. Namun jika apresiasi rakyat setempat yang merasakan langsung cukup positif, maka pencalonan kembali menjadi sebuah keharusan.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memasuki mobilnya. Foto: MI/Rommy Pujianto
 
"Ibu Risma (Wali Kota Surabaya) kami calonkan dua kali. Pak Jokowi (Wali Kota Solo), kami calonkan dua kali sebagai Walikota. Pak Hasto (Bupati Kulon Progo) dua kali sebagai bupati. Pak Azwar Anas dua kali sebagai bupati. Kita tahu perubahannya sangat fundamental," ujar dia.
 
Partai belambang banteng ini mempertimbangkan risiko politik pasca Ganjar disorot karena sejumlah kasus. Mulai dari konflik petani dan pabrik semen hingga dikait-kaitkan dengan dugaan korupsi KTP elektronik.

Klik juga: KPK Periksa Ganjar Pranowo dan Olly Dondokambey Terkait Kasus KTP-el
 
Namun untuk kasus KTP-el, sejauh ini Hasto meyakini bahwa Ganjar tidak terlibat. "Tapi kita melihat proses persidangan masih berjalan dan sikap PDI Perjuangan kami tidak intervensi terhadap proses hukum KPK. Kami mendukung upaya pemberantasan korupsi," ujar dia.
 
Hasto memastikan partai yang dipimpin putri Soekarno ini tidak pernah mencalonkan calon yang punya masalah secara hukum dalam pengertian ketika proses berjalan itu menjadi tersangka. Pihaknya mencoba membangun tradisi bagaimana mencalonkan calon yang tidak punya masalah secara hukum.

 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 19-08-2017