Kinerja Mesin Parpol Dinilai Berpengaruh di Pilkada Jatim

Ilham wibowo - 12 Oktober 2017 15:28 wib
Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf - ANTARA/Eric Ireng)
Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf - ANTARA/Eric Ireng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja partai sebagai mesin politik dinilai akan berpengaruh dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) tahun depan. Saat ini, baru Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa yang resmi mendapat dukungan.

"Peran partai politik menjadi besar karena tokoh yang diusung punya background dan akar rumput yang sama," Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 12 Oktober 2017.

Gus Ipul dan Khofifah diketahui sama-sama merupakan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keduanya juga tokoh penting di Nahdatul Ulama (NU).

Persamaan latar belakang tersebut, kata Hendri, membuat elektabilitas Gus Ipul dan Khofifah sama kuat. Hendri mengatakan, partai politik pendukung perlu mengerahkan jarigan dan kekuatannya bila ingin memenangi kontestasi pemilihan.

"Antara Khofifah dan Gus Ipul peluangnya masih 50-50. Pendukung basis mereka sama, makanya kinerja partai politik menentukan," tutur dia. 

Pandangan berbeda disampaikan Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego. Parpol di Pilkada Jatim dinilai hanya menjadi kendaraan politik semata.

"Saya ragu apakah mesin partai itu akan berpengaruh (di Pilkada Jatim). Dari sekian partai, yang kelihatan dan bisa dianggap sebagai mesin politik ya hanya PKS, yang lainnya itu hanya perahu penyebarangan saja," ujar Indria.

Dia bilang, ketokohan calon masih menjadi penentu warga Jatim dalam memberikan pilihan. Indria sepakat, dua tokoh tersebut punya kelebihan yang hanya dimiliki oleh masing-masing.

"Setiap pengalaman di banyak tempat demikian. Partai politik itu kurang bekerja all lout, dalam arti kalau misalnya pertarungan basis pendukung sama-sama nahdliyin," ucap dia. 
 


(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATIM 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-10-2017