Mendagri Sudah Serahkan Administrasi Pelantikan Gubernur DKI dan DIY

Dheri Agriesta - 02 Oktober 2017 13:56 wib
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah menyerahkan persyaratan administrasi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta dan DI Yogyakarta. Kementerian Sekretaris Negara akan mengatur waktu pelantikan.

"Beliau (Menteri Sekretaris Negara Pratikno) yang sudah atur tanggal, hari, dan jam, bisa bersamaan di Jakarta," kata Tjahjo di TMP Kalibata, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin 2 Oktober 2017.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta dan DI Yogyakarta akan diadakan secara terpisah. Tjahjo menegaskan, yang penting pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih harus dilaksanakan sebelum 16 Oktober, tenggat habis masa jabatan.

Baca: Mendagri Konsultasikan Pelantikan Gubernur DIY

Tjahjo juga telah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno mengenai teknis pelantikan. Pertemuan lanjutan akan dilakukan untuk memastikan teknis pelantikan.

Beberapa dirjen Kemendagri juga telah terbang ke Yogyakarta untuk bertemu dengan Sultan Hamengkubuwono X. "Saya sudah komunikasikan ini dan pak Sultan sudah siap," kata dia.

Baca: Anies-Sandi Bakal Dilantik 16 Oktober 2017

Pasangan Anies-Sandi mengalahkan pasangan Ahok-Djarot di putaran kedua dengan perolehan 57,96% suara atau sebanyak 3.240.987 suara. Sementara pasangan Ahok-Djarot hanya mendapat suara sebanyak 42,04% atau 2.350.366 suara.

Pada 5 Mei 2017, KPU DKI Jakarta menetapkan pasangan Anies-Sandi sebagai peraup suara terbanyak di Pilkada DKI.

Sementara itu, masa jabatan Gubernur di DIY pada 2017 bakal berakhir 10 Oktober nanti. Dalam rapat paripurna istimewa, DPRD DIY menetapkan kembali Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB DKI 2017
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA POLITIK
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017